Puluhan Rumah di Kabupaten Bima Terbakar, Penyebabnya Masih Diselidiki

0
Rumah warga di Desa Renda Kecamatan Belo Kabupaten Bima yang terbakar pada Sabtu, 30 April 2022.(Suara NTB/Ist)

Bima (Suara NTB) – Puluhan unit rumah warga Desa Renda Kecamatan Belo, Kabupaten Bima rusak akibat terbakar. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu, 30 April 2022 siang.

Berdasarkan pendataan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, tercatat ada 53 unit rumah yang mengalami kerusakan. Puluhan unit rumah tersebut tersebar di RT 07 dan RT 11 Desa Renda.

“Berdasarkan data sementara terdapat 53 rumah yang rusak terbakar,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bima melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Nurul Huda ST., MT.

Ia mengaku sumber percikan api diduga berasal dari rumah warga di RT 11 yang diketahui bernama H. Jamaludin.  Penyebab kebakaran hingga kini masih diselidiki aparat keamanan. Tidak ada korban jiwa, dan kerugian materil juga masih didata oleh tim asesmen.

“Saat ini tengah dilakukan kaji cepat dan pendataan bersama aparat terkait dari Dinas Sosial, Camat Belo dan Kepala Desa,” katanya.

Sesaat setelah musibah kebakaran, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE., mengunjungi lokasi kebakaran bersama Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, S.IK., Komandan Batalyon Pelopor C Brimobda NTB AKBP Zulkarnain S.Ik., Wakapolres dan Kabag OPS Polres Bima serta Kapten Gusti, pejabat Kodim 1608/Bima.

Bupati menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah yang terjadi. Ia berharap warga RT 07 dan RT 11 Desa Renda yang menjadi korban kebakaran diberikan kesabaran atas ujian dan cobaan tersebut.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, kami menyampaikan duka. Semoga diberikan kesabaran menerima cobaan ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga langsung memerintahkan dan menginstruksikan pihak Dinas Sosial agar menyediakan nasi bungkus untuk makan malam warga terdampak bencana.

“Dan pada Minggu, 1 Mei 2022 pagi mengoperasikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan warga,” pungkasnya. (uki)