Lagu Sumbawa, “Pio Ode-ode” jadi Lagu Senam Kreasi Indonesia Pada Fornas di Sumatera

0

Mataram (Suara NTB) – Pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Ikatan Olahraga Kreasi Indonesia (IOSKI) di Sumatera Selatan 1-7 Juli 2022 mendatang, lagu Sumbawa “Pio Ode-ode” akan menjadi salah satu lagu senam kreasi yang akan dilombakan. Lagu ini akan menjadi pengantar senam IOSKI kontingen NTB untuk bersaing dengan kontingen dari seluruh Indonesia.

Ketua umum IOSKI NTB, Hj Sri Yulianti di Mataram, Kamis, 28 April 2022 menjelaskan, lagu Pio Ode-Ode, ciptaan Mus Biawan, Vocal Iyan Amir & Atiek mengisahkan tentang kehidupan burung kecil-kecil hinggap diatas bambu kecil.

Karena hinggapnya di atas bambu, ditanyalah apa sang burung kecil tak gatal, lalu dijawab oleh sang burung, saya bisa mandi. Ditanya lagi, apa sang burung tak kedinginan? Burung kecil ini juga menjawab, saya bisa pake selimut. Ditanya lagi apakah tak digigit katuma/kuman? Si burung kecil menjawab justru ia akan menggigit balik si kuman. Ditanya lagi, apakah burung tak mual menggigit kuman, dijawab lagi, kalau mual bisa makan kelapa campur gula.

Lagu Pio Ode-ode ini lagu riang gembira, dan ceria. Sehingga musiknya seperti musik lagi bermain main dan bisa lebih semarak. Dengan gerakan senam kreasi lagu Pio Ode Ode adalah gambaran kehidupan masyarakat Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB yang riang gembira.

Kiprah Ikatan olahraga senam kreasi Indonesia NTB yang selalu bergerak memasyarakatkan olahraga dengan senam kreasi daerah dari sejak berdiri 12 Juli 2019 hingga sekarang patut diacungi jempol.

Berbagai event senam kreasi dilaksanakan dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga juara di kancah nasional menjadi prestasi yang gemilang. Ada juga beberapa event nasional yang IOSKI adakan bersama Kemenpora RI dan IOSKI Pusat di NTB.

Sri Yulianti juga menyampaikan apresiasi kepada IOSKI Nasional yang telah memberikan kesempatan kepada salah satu senam kreasi daerah dari Kabupaten Sumbawa ke Tingkat Nasional menuju NTB Gemilang.

“Tentunya ini akan menjadi semangat untuk IOSKI Provinsi NTB mengikuti FORNAS VI 1-7 Juli di Palembang dengan membawa kontingen untuk berlomba dikategori grup dan perorangan. Sehingga harapannya semakin banyak kontingen yang ikut serta membawa medali untuk NTB,” ujarnya.

Sebelumnya, Fornas V tahun 2019 di Samarinda, IOSKI NTB mendapatkan juara medali perak lomba senam kreasi kategori perorangan putra yang diraih oleh Sekretaris Umum IOSKI NTB, Arul Zain.

“Dan kita minta juga dukungan dari Pemerintah Daerah untuk memberikan support sebagai apresiasi kepada IOSKI NTB membawa nama Provinsi NTB ke tingkat Nasional,” demikian diharapkan.

Seperti diketahui, senam kreasi daerah semakin diminati dan mendapatkan tempat wkatu kesempatan sendiri dihati para pencinta olahraga senam kreasi.

Dari IOSKI NTB, terdapat beberapa senam kreasi daerah yang diciptakan oleh Sekjen IOSKI NTB yang menjadi senam andalan yang diperkenalkan disetiap hadir di instansi ataupun didestinasi wisata. Musik Sasak, musik Sumbawa, Musik Mbojo, diramu dengan gerakan lincah dan menarik sehingga masyarakat menjadi senang dan suka senam dengan musik daerah.

“Beginilah cara kita, salah satunya, tentunya dalam memperkenalkan musik daerah NTB sekaligus melestarikan budaya kita dengan gerakan tari dipadukan dalam gerakan olahraga senam,” demikian Sri. (bul)