Ikatan Alumni MAN 2, Perkuat Silaturahmi, Dorong Sosial-Ekonomi Alumni

0
Wakahumas MAN 2 Mataram, Dr. Siti rahmi, Kepala MAN 2 Mataram, Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd, Ketua DPD Gerindra Kota Mataram, Abd Rachman, Dai muda NTB, Habib Hasan Al-Idrus, Ketua DPD Demokrat NTB, Indra Jaya Usman, Guru MAN 2 Mataram, Helmi Basyuni, Dosen UAD Yogya, Apt. Lalu Irham, P.hD dan Presenter TVRI NTB, Fakhrurrozi A berpose bersama di sela kegiatan buka puasa bersama dan reuni akbar alumni MAN 2 Mataram, Minggu 24 April 2022. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Tahun ini, MAN 2 genap berusia 30 tahun, dan telah menghasilkan sebanyak kurang lebih 9000 alumni, yang telah mampu berkarir di berbagai bidang keahlian, di berbagai jenjang pemerintahan dan tersebar di 5 benua. berangkat dari sinilah MAN 2 Mataram saat ini mengusung jargon sebagai madrasah yang mandiri, menginspirasi dan mendunia.

Dalam mewujudkan impian ini, MAN 2 Mataram tidak sendiri. Melalui momentum buka puasa bersama dan reuni akbar alumni MAN 2 Mataram, Minggu, 24 April 2022, para alumni berkenan kembali bersama-sama saling mengisi dalam rangka membangun negeri.

Inisiator pembentukan kembali ikatan alumni MAN 2 Mataram, Fakhrurrozi Anshory menyampaikan bahwa bukber dan reuni akbar ini, hanyalah awal dari upaya untuk membangun semangat 30 angkatan alumni MAN 2 Mataram.

Dalam rangka mengakomodir para alumni, pihaknya bersama L. Yusron Syairozi sebagai Ketua Panitia, saat ini tengah membangun sebuah aplikasi atau website, yang akan merangkum seluruh data alumni. Masing-masing tahun angkatan, jurusan, organisasi sekolah, jurusan dan organisasi saat di perguruan tinggi sampai dengan aktivitas atau pekerjaan hari ini.

Sementara itu, salah satu alumni program madrasah aliyah keagamaan tahun 1999, Abd Rachman mengaku siap mendukung kegiatan ini, karena memiliki tujuan yang selaras dengan upayanya membangun ekonomi sosial masyarakat.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra ini menjelaskan, data ikatan alumni MAN 2 Mataram ini nantinya dapat menjadi contoh rencana pembangunan di bidang pengembangan ekonomi. Nantinya, setiap data alumni yang bergerak di bidang UMKM akan diakomodir, untuk kedepan dibuatkan forum atau event dalam rangka peningkatan kapasitas usaha atau pameran UMKM, bertajuk dari alumni untuk alumni.

“Prinsipnya kita bangun dan dorong kepentingan sosial-ekonominya, insyaallah silaturahmi akan tetap terjaga,” tegas Abd Rachman.

Dalam kesempatan ini, Kepala MAN 2 Mataram Drs. H. L. Syauki, S.Pd, M.Pd, secara langsung menunjuk dan memberikan kepercayaan kepada Indra Jaya Usman atau IJU, sebagai Ketua Ikatan Alumni MAN 2.

Ia berharap, sebagai tokoh muda NTB, IJU nantinya dapat menjadi magnet bagi alumni lainnya. menjawab hal ini, Indra Jaya Usman menilai jargon madrasah yang mandiri, menginspirasi dan mendunia yang diusung MAN 2 Mataram hari ini, sangat relevan dengan perkembangan NTB yang terus menjadi perhatian dunia.

Oleh sebab itu, ia mengajak para “mutakharrijin” atau alumni MAN 2, untuk sedari awal menjadi contoh dalam rangka turut serta membangun daerah. Konsolidasi antar alumni yang sudah bergelut di berbagai bidang, ia yakini akan mampu menunjukkan kontribusi MAN 2 terhadap NTB yang menjadi tujuan pariwisata dunia.

Selain kedua politikus muda NTB tersebut, hadir pula apoteker Lalu Irham, Ph.D, fresh graduated dari Taipei Medical University Taiwan yang berhasil menjadi alumni terbaik pada program doktor agustus 2021. Nabila Sungkar, alumni MAN 2 Mataram, yang berhasil mencatatkan diri sebagai desainer muda terbaik NTB dalam sebuah event penghargaan yang diselenggarakan oleh Pemprov NTB.

Meski disiapkan selama 6 hari saja, namun acara bukber dan reuni akbar alumni MAN 2 Mataram, telah mampu menghadirkan 600 orang alumni, respon langsung dukungan alumni melalui platform media sosial mencapai 1200 orang alumni. (r/*)