Baznas Mataram akan Salurkan Rp2 Miliar Bansos

0
H. Djaswad. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Badan Amil Zakar Nasional (Baznas) Kota Mataram akan menyalurkan bantuan sosial pada bulan Ramadhan. Bantuan diprioritaskan bagi masyarakat tidak mampu, petugas kebersihan, takmir masjid dan lain sebagainya.

Ketua Baznas Kota Mataram, Drs. H. Djaswad menyampaikan, jumlah bantuan yang disalurkan selama bulan Ramadhan ini belum final. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah untuk memastikan bentuk bantuan yang akan disalurkan.

Akan tetapi, pengalaman tahun sebelumnya, bantuan disalurkan berupa uang tunai, sembako, dan dalam bentuk lainnya yang totalnya mencapai Rp2 miliar. Jumlah bantuan tersebut tidak menutup kemungkinan sama atau lebih tergantung jumlah sasaran. “Iya, kalau dulu kurang lebih Rp2 miliar. Sekarang ini, bisa saja sama atau lebih,” kata Djaswad dikonfirmasi, Kamis, 14 April 2022.

Sistem penyaluran akan diatur dan disesuaikan dengan jadwal safari Ramadhan Walikota dan Wakil Walikota Mataram. Pasalnya, setiap safari Ramadhan, kepala daerah secara simbolis menyerahkan bantuan ke pengurus masjid dan lain sebagainya. Djaswad menambahkan, penyaluran bantuan sebagian bersumber dari Bagian Kesra Setda Kota Mataram. “Kami masih menunggu jadwal safari Ramadhan Pak Wali dan Pak Wakil. Biasanya berbeda tempat safarinya,” pungkasnya.

Djaswad menambahkan, bantuan sembako bagi masyarakat, petugas kebersihan, pasukan biru, dan lain sebagianya juga belum difinalisasi. Pihaknya masih mendata jumlahnya dan kemungkinan terjadi penambahan, karena banyak warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana mengatakan, safari Ramadhan akan digelar pada pertengahan Ramadhan. Biasanya, kegiatan safari dilakukan di enam kecamatan dan berbagi dengan Wakil Walikota Mataram TGH. Mujiburrahman. Akan tetapi, safari Ramadhan akan bisa dilaksanakan dengan melihat perkembangan dan dinamika kasus Covid-19. “Satu kecamatan satu masjid. Nanti kami bagi dengan Tuan Guru Mujib,” ujarnya.

Safari Ramadhan ini adalah kegiatan pertama kalinya setelah pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 lalu. Agenda safari akan dimanfaatkan untuk menyampaikan visi-misi Walikota dan Wakil Walikota Mataram dan diharapkan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Dari kunjungan ke masyarakat, ia akan menampung usulan atau tuntutan masyarakat,sehingga bisa dijadikan acuan untuk menampung program. (cem)