Pekerja Kafe di Senggigi Tuntut Dipekerjakan Kembali

0
Pengunjuk rasa dari SPN bersama para pekerja yang telah diberhentikan menuntut manajemen kafe agar kembali mempekerjakan mereka, Rabu, 30 Maret 2022. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Aksi unjuk rasa dilakukan SPN (Serikat Pekerja Nasional)  Lombok Barat di Stars Cafe Desa Senteluk, Kecamatan Batulayar, Rabu, 30 Maret 2022. Aksi itu dilakukan untuk menuntut pihak pengelola kafe tersebut agar mempekerjakan kembali sejumlah pekerja yang di-PHK tanpa dasar yang jelas.

Sebelum bertolak ke Cafe Stars, massa sekitar 50 orang berkumpul di Sekretariat SPN di jalan Raya Senggigi Desa Batulayar Barat. Kemudian mereka kompoi menuju Stars Cafe. Massa tiba di Cafe Stars sekitar pukul 12.00 wita. Dipimpin oleh Korlap, Sahwan Semirah selaku ketua DPC SPN Lobar dan H. Lalu Wirasakti selaku Ketua DPD SPN NTB. Aksi massa berorasi menggunakan alat pengeras, sambil membawa bendera dan spanduk. “Agar Manajement Stars Cafe mempekerjakan kembali tiga orang Karyawan yang di PHK tanpa alasan yang jelas,” kata korlap.

Wakapolres Lobar, Kompol Taufik berupaya melakukan negosiasi kepada Korlap agar 10 orang perwakilan untuk audiensi yang diterima oleh Manajer Stars Cafe, Lalu Indarmaya. Massa aksi pun bersedia melakukan audiensi yang dihadiri oleh Wakapolres, Kabag Ops Polres Lobar Kompol Dhafid Shiddiq, Kanit II Sat. Intelkam Polres Lobar dan perwakilan SPN, dan Manajer Stars Cafe. Beberapa hasil audiensi itu, pihak SPN meminta pekerja yang di PHK untuk dipekerjakan kembali. Pesangon yang telah diberikan tidak sesuai dengan UU Ketenagakerjaan, dan jika di PHK (tidak dipekerjakan kembali) harus memenuhi pesangon sesuai aturan dari Disnaker.

Ketua DPC SPN Lobar meminta manajemen terkait surat yang telah disepakati ditepati berdasarkan hasil pertemuan sebelum aksi berlangsung. Isinya komitmen dari pihak kafe untuk mempekerjakan kembali karyawan yang sudah diberhentikan.

Manajer Stars Cafe belum bisa menjawab tuntutan karena kewenangan sepenuhnya ada di owner perusahaan, sehingga pihaknya akan menjadwalkan kembali pertemuan dengan menghadirkan owner Stars Cafe.

Sementara itu, Fungsional mediator Disnaker Lobar, Asmuni Hadi mengatakan pihaknya akan memfasilitasi pertemuan SPN dengan Manajemen Stars Cafe. “Kami akan memanggil kedua belak pihak melalui Dinas Tenaga Kerja,” kata dia. Massa yang belum puas dengan pertemuan, lantaran belum ada keputusan soal tuntutan mereka pun meninggalkan Stars Cafe. (her)