Bincang Gemilang Petakan Kesiapan MXGP Samota 2022

0
Wabup Sumbawa, Dewi Noviany bersama pejabat lainnya dalam bincang gemilang “Road to MXGP Samota 2022” yang diselenggarakan Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Rabu, 30 Maret 2022 di Halaman Istana Dalam Loka Sumbawa.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd, memaparkan kesiapan MXGP Samota Juni mendatang. Saat menjadi narasumber pada acara Bincang Gemilang “Road to MXGP Samota 2022” yang diselenggarakan Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Rabu, 30 Maret 2022 di Halaman Istana Dalam Loka Sumbawa.

Turut hadir sebagai narasumber, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Drs. Mohammad Ansori, dan Kapolres Sumbawa, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK. Kegiatan yang diselenggarakan sebaga rangkaian kegiatan Rakor Kadis Kominfotik se-Provinsi NTB ini juga dihadiri Kadis Kominfotik NTB, Kadis Kominfotik Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB, dan Kepala Perangkat Daerah Sumbawa.

Dalam paparannya, Wabup menjelaskan beberapa kesiapan Pemkab dalam menyukseskan event internasional MXGP Samota 2022. Diantaranya mempersiapkan lokasi perhelatan, mempersiapkan sarana prasarana, menyiapkan even pendukung, menyiapkan pelaku ekonomi. Serta mendorong berbagai kreativitas dan inovasi untuk memviralkan Kabupaten Sumbawa.

Lebih teknis, Wabup menjelaskan beberapa upaya yang telah dan sedang dilakukan Pemkab Sumbawa jelang MXGP Samota. Diantaranya mempersiapkan lahan MXGP di perbukitan Teletubbies Samota. Kemudian melakukan sosialisasi ke pelaku usaha akomodasi, transportasi, wisata dan UMKM. Menyiapkan data dukung persyaratan penyelenggaraan. Serta memfasilitasi survei tim teknis dari penyelenggara MXGP Pusat dan Provinsi. Selain itu, Pemkab Sumbawa juga tengah menyiapkan fasilitas kedatangan tamu melalui Bandara, Pelabuhan Badas, Terminal Sumer Payung dan Pool Station. Termasuk menyiapkan infrastruktur pendukung lainnya  seperti jaringan internet, listrik, air bersih, lokasi parkir, tempat sampah, sanitasi dan camping ground.

Dijelaskan Wabup, Pemkab Sumbawa juga menyiapkan even wisata pendukung sebelum dan sesudah MXGP. Termasuk menyiapkan UMKM, akomodasi, restoran, content creator, pelaku wisata, dan homestay. Bahkan pihaknya juga telah menyiapkan tenaga kerja lokal yang akan terlibat secara langsung dalam acara seperti marshal dan petugas admin. Selain itu, Pemkab Sumbawa juga telah melakukan kickoff pengibaran bendera 20 negara peserta MXGP di Kantor Bupati dan lokasi venue Samota.

Wabup berharap ada masukan yang muncul dari diskusi ini. Untuk nantinya menjadi catatan Pemkab Sumbawa dalam rangka memaksimalkan persiapan dan pelaksanaan MXGP nantinya. “Memang untuk memuaskan semua pihak tidak mudah,  namun dengan niatan dan kerja bersama, Insya Allah apa yang menjadi tantangan dalam pelaksanaan MXGP akan bisa kita selesaikan,” tukasnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Drs. Muhammad Ansori, dalam paparannya menyebutkan dirinya sebagai wakil rakyat percaya eksekutif selaku pelaksana akan melaksanakan kegiatan MXGP ini dengan sebaik-baiknya. Bahkan dirinya siap menyetujui apapun anggarannya demi suksesnya MXGP, yang diharapkan dapat mengangkat nama baik Sumbawa. Serta membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pascapandemi.

Sementara itu, Kapolres Sumbawa, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK, dalam paparannya lebih menekankan pada upaya dan ikhtiar yang harus dipersiapkan. Bukan semata-mata pada apa yang akan didapatkan dari pelaksanaan MXGP.

Menurutnya, untuk mendapatkan benefit dari MXGP, perlu dilakukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang paling utama adalah menjaga kamtibmas. Mengingat sebuah perhelatan tidak akan mungkin dilakukan di suatu daerah apabila di daerah tersebut terjadi gangguan kamtibmas. Karena itu, pihaknya akan terus membantu Pemkab Sumbawa melalui penjagaan kamtibmas demi suksesnya MXGP Samota 2022.

Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S. Sos., MM., mengatakan bahwa Bincang Gemilang edisi Road To MXGP Samota-Sumbawa NTB, dilaksanakan untuk membangkitkan spirit dan semangat serta solidaritas kebersamaan untuk menyambut MXGP di kawasan Teluk Saleh-Moyo-Tambora (Samota) Pulau Sumbawa Provinsi NTB.

“Pemprov. NTB melalui Dinas Kominfotik, ingin memberikan trigger awal, untuk memacu kesiapan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, steakholder dan semangat masyarakat menyambut event Internasional MXGP,”kata Doktor Najam, sapaan Kadis Kominfotik NTB, pada Talk Show Bincang Gemilang, Rabu, 30 Maret 2022 di istana Dalam Loka Sumbawa Besar.

Dijelaskannya, bahwa Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., dan Wagub Dr. Hj. Ir. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd., beserta jajaran Pemprov. NTB juga terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua steakholder untuk mensukseskan event MXGP ini.

“Di hari-hari berikutnya, akan banyak koordinasi dan komunikasi yang dilakukan oleh mitra terkait, baik dari Pemprov. NTB, Pemerintah Pusat, dan Kabupaten Sumbawa hingga terselenggaranya pelaksaanaan MXGP,” jelas Doktor Najam di hadapan Wabup Sumbawa Dewi Noviani, S. Pd., M. Pd.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan Road Show Diskominfotik NTB, dari Rakor seluruh Diskominfotik se-NTB, Bincang Gemilang, literasi keuangan, hingga peninjauan kawasan Samota.

“Terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa dan Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa sebagai tuan rumah,” ucap mantan Wakil Ketua KI NTB.

Program Bincang Gemilang yang digagas Diskominfotik NTB, menghadirkan 3 narasumber diantaranya Wabup Sumbawa, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa dan Kapolres Sumbawa.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Forkompimda Kabupaten Sumbawa, Kasdim, Rektor UTS, Bank NTB Syariah, PT. Telkom, Kepala BPS, Ketua KPID, Ketua KI, Kepala KCD Dikbud Sumbawa beserta jajarannya dan Sekdis serta Kabid Diskominfotik NTB. (arn/r)