Fosma PTMA Menjadikan Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai Tuan Rumah Rakornas 2022

Mataram (Suara NTB) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) ditunjuk sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Silaturrahmi bidang Kemahasiswaan (Fosma) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA), dengan tema Penguatan Model Pembinaan Bidang Kemahasiswaan Menuju PTMA yang Mencerahkan, Unggul, dan Berkarakter Islami. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Jayakarta Senggigi, Lombok Barat, dari tanggal 24-27 Februari 2022.

Peserta Rakornas yaitu para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang berasal dari PTMA seluruh Indonesia sebanyak 65 peserta. Dalam Sambutan pada saat pembukaan Rakornas, Ketua Forum Silaturrahmi bidang Kemahasiswaan PTMA, Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., pada Kamis, 24 Februari 2022 mengatakan, agenda Rakornas PTMA diselenggarakan dalam rangka melakukan konsolidasi dan penguatan model pembinaan bidang kemahasiswaan khususnya PTMA seluruh Indonesia.

“Sesuai dengan tema kita, Penguatan Model Pembinaan Bidang Kemahasiswaan Menuju PTMA yang Mencerahkan, Unggul, dan Berkarakter Islami. Insya Allah dalam kesempatan Rapat nanti kita dapat saling belajar, saling memberi karena bagian dari materi nanti adalah berbagai pola pembinaan bidang kemahasiswaan yang berkaitan dengan dinamika kemahasiswaan, pola pembinaan ormawa, dan beberapa hal yang lainnya,” ujarnya.

Di tambahkannya lagi bahwa para peserta Rakornas Fosma PTMA adalah punggawa pembina mahasiswa, yang akan terus membina prestasi mahasiswa dan menjadi wadah berbagi inspirasi. Pada akhir sambutannya beliau berharap semoga dalam forum ini, pengembangan bidang kemahasiswaan khususnya PTMA semakin berprestasi, unggul, dan berkarakter islami.

Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan, Forum Rakornas Fosma PTMA merupakan ajang untuk mengembangkan potensi dalam membina mahasiswa yang berkarakter Islami, karena karakter yang dibangun untuk mahasiswa PTMA berbeda dengan PTN/PTS lainnya.
“Sering saya katakan kalau kehadiran mahasiswa atau alumni PTMA sama dengan yang lain, apa bedanya dengan perguruan tinggi yang berlatar belakang non-Islam. Di situlah karakter yang dibangun oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Oleh karena itu forum ini menjadi sangat strategis karena mengelola mahasiswa bukan hal yang mudah,” tuturnya.

Di sisi lain, ia juga berterima kasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada FOSMA dan Majelis Dikti karena memberikan kepercayaan kepada Ummat sebagai tuan rumah Rakornas Fosma PTMA tahun 2022.
“Walaupun sekarang di tengah pandemi covid sedang meningkat tetapi, Alhamdulillah Lombok khususnya Mataram masih berada di level 2 sehingga kami tidak terlalu khawatir dan para peserta tidak takut untuk datang ke Lombok,” ujarnya.

Akhir kata, ia berharap Rakornas tahun ini bisa memberikan sesuatu yang terbaik untuk bidang kemahasiswaan sehingga bisa menghasilkan mahasiswa berkarakter muhammadiyah dan Islami.

Selanjutnya hadir membuka secara resmi rangkaian acara, Wakil Sekretaris Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Adam Jerusalem, S.T., S.H., M.T., Ph.D. Ia sangat mengapresiasi atas upaya-upaya dari Fosma PTMA untuk memajukan mahasiswa dan PTMA-nya masing-masing sehingga bisa berdaya saing tinggi, berkemajuan, dan selalu mencerahkan. Oleh karena itu akan berimbas kepada mahasiswa yang unggul dan berkarakter Islami.
“Ini luar biasa di tengah pandemi tetap bersemangat untuk memajukan institusinya sehingga harapannya akan menjadikan atau menghasilkan sesuatu hal yang lebih baik lagi, suatu hal yang positif. Semangat terus untuk Fosma PTMA dan sukses selalu untuk menjayakan mahasiswanya,” imbuhnya. (r/ron)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...