Jangan Panik

0
Lalu Wirajaya (Suara NTB/dok)

KASUS positif Covid-19 di wilayah NTB dalam beberapa waktu terakhir ini kembali menunjukkan tren peningkatan. Bahkan beberapa kabupaten/kota mengalami peningkatan status terhadap tingkat penyebaran Covid-19. Melihat hal itu, Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTB yang membidangi urusan kesehatan, Lalu Wirajaya mengimbau kepada semua pihak supaya tidak panik dalam menyikapi peningkatan kasus positif Covid-19.

“Meskipun terjadi peningkatan kasus, harapan kita masyarakat jangan sampai panik berlebihan seperti sebelumnya. Kita harapkan situasi tetap terkendali, mari kita sikapi dengan tenang, seperti kita melihat penyakit flu dan batuk pada umumnya,” ujar Wirajaya.

Ketenangan tersebut sangat dibutuhkan untuk saat ini, lebih-lebih jelang menghadapi berbagai agenda event internasional MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah pada Maret mendatang. Selain itu, ketenangan tersebut juga untuk memastikan tidak mempengaruhi aktivitas perekonomian masyarakat.

“Mungkin sudah saatnya kita berdamai dengan wabah ini. Sudah saatnya kita melihat wabah ini tidak lagi sebagai pandemi tetapi endemi,” cetusnya. Meskipun demikian, politisi Partai Gerindra itu tetap meminta masyarakat untuk tetap mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti tetap disiplin mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Jadi jangan kita berdamai bukan berarti dengan kita melonggarkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan harus tetap diterapkan oleh masyarakat,” serunya. Dalam waktu dekat pihaknya pun akan mengagendakan pertemuan dengan dinas kesehatan untuk melakukan rapat dengar pendapat terkait perkembangan terkini penanganan kasus covid-19 di wilayah NTB. (ndi)