Marshal di Event MotoGP, MGPA Kembali Undang Eks Marshal WSBK

0
MGPA kembali merekrut eks marshal WSBK sebagai tenaga marshal MotoGP, mulai Jumat (29/1) hingga Minggu (30/1). (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) membuka rekrutmen bagi tenaga marshal untuk event MotoGP seri Indonesia yang bakal digelar di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, bulan Maret mendatang. Rekrutmen dilaksanakan sejak Jumat, 28 Januari 2022 hingga Minggu, 30 Januari 2022 dengan mengundang kembali eks tenaga marshal yang pernah bertugas pada event World Superbike (WSBK) tahun lalu.

“Kami mengundang kembali para marshal yang sebelumnya telah berpengalaman pada event WSBK 2021 untuk kembali mengajukan diri dan berpartisipasi pada event MotoGP mendatang,” sebut Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba, Sabtu, 29 Januari 2022.

Selain akan bertugas pada event MotoGP bulan Maret mendatang, tim marshal yang direkrut kali ini juga akan bertugas pada tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari mendatang. Sehingga tenaga marshal yang direkrut, diupayakan yang memang sudah pernah atau punya pengalaman sebagai marshal balapan internasional. Mengingat, waktu pelaksanaan tes pramusim yang sudah sangat mepet.

Dalam proses rekrutmen tenaga marshal untuk MotoGP tersebut, pihaknya tetap berkoordinasi dan mendapatkan persetujuan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), selaku regulasi balapan di Indonesia. “Kami berupaya meningkatkan kesiapan SDM di Indonesia, khususnya Lombok, dalam menyambut dan menyelenggarakan event balap motor bergengsi di Pertamina Mandalika Circuit mendatang,” tegasnya.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kemampuan SDM lokal pihaknya akan mengkombinasikan SDM lokal dengan SDM yang telah berpengalaman dalam event balap serupa di level internasional. Langkah ini sekaligus untuk memastikan penyelenggaraan event MotoGP seri Indonesia mendatang bisa berjalan sukses tersebut.

Untuk itu, MGPA sudah menyiapkan petugas Clerk of The Course (COC). Di antaranya, Tamo, eks COC MotoGP Sepang serta Tony Witaker, eks COC WSBK di The Mandalika tahun lalu. “Dengan pola ini, diharapkan akan ada transfer knowledge (ilmu pengetahuan) dan pengalaman dari pihak-pihak yang berpengalaman kepada SDM lokal, sehingga mampu memperkuat persiapan para marshal dalam menghadapi event-event di Pertamina Mandalika Circuit di masa yang akan datang,” tutup Samsul. (kir)