Kalender MXGP Resmi Diliris, Event di Samota Siap Digelar 26 Juni 2022

0

Mataram (Suara NTB) – Jadwal pelaksanaan event MotoCross Grand Prix atau MXGP tahun 2022, sudah resmi dikeluarkan oleh penyelenggara. Dari 20 kali event MotoCross dunia, Indonesia mendapatkan jatah dua kali penyelenggaraan. Pertama tanggal 26 Juni yang akan digelar di kawasan Samota Sumbawa dan tanggal 3 Juli di Jakarta.

Berdasarkan kalender pelaksanaan kejuaraan MotoCross yang baru saja diliris di media sosial resmi MXGP, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan event tersebut dua kali di lokasi yang berbeda bersama dengan Perancis. Adapun negara lain semisal Inggris, Argentina, Portugal, Spanyol, Jerman, Swedia dan negara-negara lainnya hanya mendapatkan satu kali event.

Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah melalui akun Instagramnya pada Kamis, 27 Januari 2022 juga mengumumkan terkait dengan jadwal MXGP yang akan berlangsung di kawasan Samota tanggal 26 Juni mendatang.

‘’Setelah Mandalika Lombok masuk dalam event MotoGP dunia, Alhamdulillah Samota Sumbawa kini masuk sebagai venue MXGP dunia,’’ tulis Gubernur.

Kejuaraan MotoCross tingkat dunia ini kata Gubernur akan dihadiri oleh ratusan ribu penonton seperti halnya event MotoGP yang nantinya akan dihadiri oleh sekitar 100 ribu penonton, baik domestik maupun mancanegara. ‘’Tanggal 26 Juni sebentar lagi, ayo berbenah dan maksimalkan peluang ini,’’ ajaknya.

Pada Rabu, 26 Januari 2022 malam kemarin, Gubernur mendiskusikan terkait dengan penyelenggaraan MXGP di Samota Sumbawa dengan CEO Infront Motor Racing David Luongo dan Chief Operating Officer (COO) Infront Motor Racing Danielle Rizzi secara virtual. Diharapkan, semua persiapan event sudah harus dimulai dari sekarang.

MXGP adalah event balap motocross paling elite di dunia. Sama seperti MotoGP, event ini juga berada di bawah FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme). Seri dunia MotoCross ini pertama digelar pada 1957 silam dan masih eksis sampai saat ini. Seperti MotoGP, kejuaraan MXGP juga memiliki jutaan penggemar fanatik dari seluruh dunia.(ris)