Produk IKM Lobar Dijual Lewat Situs Belanja Online

0
Ketua Dekranasda Lobar Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Ketua DWP dan Kabid ILMEA pada Disperindag Wine Frida saat meninjau stand produk IKM belum lama ini. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) diupayakan bisa merambah masuk pasar situs belanja online nasional agar bisa menjangkau penjualan lebih luas lagi di pasar online nasional. Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dengan kolaborasi Dekranasda mulai melakukan pembinaan kepada IKM Lobar agar bisa masuk pasar belanja online.

Sekretaris Dekranasda Lobar Lalu Agha Farabi menjelaskan, saat ini Dekranasda dan Disprindag memberikan pendampingan kepada para IKM yang ada di Lombok Barat agar bisa menjangkau pasar online nasional.  “Kita tak melakukan pendampingan, memberikan pembinaan agar produk IKM kita bisa masuk pasar belanja online nasional,” katanya saat ditemui, Rabu, 26 Januari 2022.

Selama ini, untuk produk IKM, belum banyak yang bisa dibeli lewat situs belanja online nasional, dengan sudah masuknya nanti IKM Lobar pasar online, diharapkan ini bisa membantu peningkatan penjualan produk IKM Lobar. “Kalau sudah bisa masuk, otomatis bisa meningkatkan penjualan, ” ujar Agha yang juga Sekretaris Disperindag Lobar ini.

Sementara Kepala Bidang Industri Logam, Mesin, Elektronik dan Aneka (ILMEA) pada Disperindag Lobar Wine Frida DP menjelaskan, saat ini baru satu IKM Lobar sudah bisa masuk situs belanja online nasional, yaitu kerajinan mutiara yang ada di Desa Banyumulek.”IKM kita baru satu yang sudah masuk Shopee, kita upayakan yang lainnya bisa juga masuk,” harapnya.

Produk yang diupayakan nanti bisa masuk situs belanja online nasional, selain mutiara, juga ada kain tenun Lobar, kerajinan ketak dan kerajinan yang lainnya,seperti kerajinan topi yang ada di Desa Kediri. Untuk kerajinan tenun, di Lobar  ada tiga produk kerajinan tenun di Lobar yaitu, Kerajinan Tenun Desa Kebon Ayu, Kerajinan Tenun Gumise, dan kerajinan tenun ada di Desa Mareje Timur.  “Ternyata di Mareje Timur ada kerajinan tenun juga, ini yang sedang kita lakukan pendampingan, ” ungkapnya.

Untuk IKM kerajinan tenun, tambahnya, selain didorong untuk dipasarkan secara nasional lewat belanja online, Kerajinan Tenun Kebon Ayu, akan dibangunkan juga showroom penjualan tenun di Desa Kebon Ayu. Tujuannya, agar produk Lobar bisa dibeli oleh masyarakat secara nasional, kalaupun selama ini sudah mereka sudah memasarkan secara online, namun masih dengan cara yang sederhana, kalau nantinya bisa masuk aplikasi belanja online, seperti Shoope, Lazada, dan yang lainnya, ini akan bisa membantu untuk meningkatkan penjualan produk IKM Lobar. (her)