Produk UMKM KSB Kejar Standar Masuk Gerai di Sirkuit Mandalika

0
Nurdin Rahman. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat ini tengah disiapkan untuk bisa dijajakan saat perhelatan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika.

“Sudah ada yang kami data. Sekarang sedang kami siapkan mereka agar layak kemudian masuk stand yang disediakan saat MotoGP berlangsung di Sirkuit Mandalika nanti,” kata kepala Dinas Perindagkop KSB, Nurdin Rahman.

Nurdin mengaku, salah satu tantangan produk UMKM agar layak dijajakan di Sirkuit Mandalika ada pada mutunya. Standar mutu tiap produk harus bisa terpenuhi mengingat konsumen di Sirkuit Mandalika nantinya tidak terbatas pada konsumen domestik namun juga internasional. “Ini tugas berat menyiapkan mutu produk UMKM kita agar benar-benar memenuhi kualifikasi mutu yang diharapkan penyenggara MotoGP,” timpalnya.

Meski berat, Nurdin tetap merasa optimis bisa mengejar agar beberapa produk UMKM KSB nantinya layak masuk stand di Sirkuit Mandalika. Menurut mantan kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), semua produk yang disiapkan untuk dijajakan nantinya berupa jenis panganan. Di mana rata-rata panganan itu berbahan baku lokal, mulai jajanan hingga makanan berbahan daging dan ikan.

“Kita ada siapkan produk andalan berbahan daging dan ikan. Jenisnya sih umum ya, karena bentuknya abon. Tapi bahan bakunya kita akan pakai daging kuda dan ikan sidat air tawar,” sebut Nurdin seraya menambahkan, pihaknya tengah mengurus paten kedua produk tersebut.

“Kalau patennya sudah keluar. Mudah-mudahan itu bisa menaikkan mutunya sehingga layak nanti kita jual saat MotoGP,” sambungnya.

Selanjutnya ia menyampaikan, keberadaan Sirkuit Mandalika Lombok menjadi sarana efektif bagi UMKM di NTB untuk melebarkan sayap produksinya go internasional. Karena setiap ajang balap yang alan dihelat di sana hampir seluruhnya bertaraf dunia. “Kita tidak boleh sia-siakan kesempatan itu. Makanya walau stand yang disediakan untuk kita terbatas. Kami akan berupaya membawa sebanyaknya produk UMKM kita saat ajang MotoGP nanti,” janjinya. (bug)