Bandara Kiantar Masuk Tahap Penyusunan Amdal

0
H. W. Musyafirin. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Memasuki tahun 2022, kelanjutan rencana pembangunan bandara Kiantar di kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih terus berkutat pada persiapan administrasi. Informasi terbaru, bandara yang akan dibangun oleh pihak ketiga itu saat ini sedang tahap penyusunan dokumen analisis dampak lingkungan (Amdal).

Proses penyusunan dokumen Amdal itu dibenarkan bupati KSB, HW. Musyafirin. Menurut dia, itu adalah proses administrasi berikutnya yang harus dikantongi Bandara Kiantar sebelum akhirnya dimulai pembangunannya. “Pembebasan tanahnya kan sudah, begitu juga izinnya. Nah sekarang Amdalnya yang sedang digarap,” cetus bupati kepada wartawan.

Menurut bupati, menyiapkan pembangunan infrastruktur bandara tidak semudah membalik telapak tangan. Namun demikian, pemerintah KSB dan otorita pihak ketiga yang siap memodali pembangunannya berkomitmen memastikan bandara tersebut dibangun. “Kalau kepastiannya (dibangun), pasti akan dibangun. Kita kan sudah sejauh ini mempersiapkannya masak tidak jadi,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu bupati selanjutnya menyampaikan, meski pembangunan fisik bandara belum terlihat di lokasi. Tetapi di satu sisi manfaatnya sudah mulai dirasakan masyarakat. Terutama bagi para pemilik lahan yang sudah dibebaskan. “Sekarang juga sedang diupayakan beberapa keinginan masyarakat di sana untuk diakomodir. Baik itu saat pembangunan nanti maupun operasionalnya sedang dibuat formulasinya,” imbuh bupati. (bug)

Tiitle Ads