Desa di Huu Dapat Bantuan Jamban dari PT STM

0
Suhardin Jamaluddin bersama Fatimah dan perwakilan PT STM saat serah terima jamban, Selasa (18/1).(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Delapan Desa se Kecamatan Huu mendapat bantuan program pembangunan jamban keluarga bagi masyarakat. Setiap Desa dibangunkan 12 unit jamban keluarga dengan sasaran rumah tangga miskin dan memiliki jamban.

Kepala Desa Sawe kecamatan Huu, Suhardin Jamaluddin kepada Suara NTB, Rabu kemarin mengakui, pada tahun 2021 lalu Desa – Desa di kecamatan Huu mendapat bantuan program jamban keluarga dari PT STM. Tapi program ini baru tuntas dikerjakan beberapa waktu lalu, sehingga baru diserah terimakan dari perusahaan kepada warga yang disaksikan pemerintah Desa.

Masing – masing Desa mendapat alokasi 12 unit jamban semi permanen dan pihaknya hanya membantu menkoordinir sasaran. “Bantuannya sangat dibutuhkan masyarakat, karena penerima merupakan rumah tangga yang belum memiliki jamban,” katanya.

Suhardin pun mengatakan, koordinasi pemerintah Desa dengan perusahaan dalam melaksanakan program sejauh ini tetap berjalan. Apalagi program pemberdayaan dari perusahaan sudah tercantum dalam dokumen Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM) lingkar tambang. Sehingga tidak ada yang tumpang tindih pembiayaannya dengan Dana Desa (DD) ataupun Anggaran Dana Desa (ADD).

Fatimah Muruh, warga Sawe penerima manfaat jamban keluarga mengungkapkan, sebelum ada jamban, dirinya memanfaatkan sungai untuk buang air besar (BAB). Bahkan sering menggali lubang kecil di sekitar pekarangan rumahnya untuk BAB ketika kepepet. “Sudah empat hari ini, kita manfaatkan WC yang dibangun,” kata janda 60 tahun ini.

Fatimah yang tinggah bersama cucunya di rumah kayu peninggalan suaminya, tidak mau berpangku tangan dan menyusahkan anaknya. Di usia yang sudah sepuh, ia masih memilih menjadi penjual ikan keliling kampungnya. “Ikannya dari Jala, saya jualan di kampung ini,” terangnya. (ula)

Tiitle Ads