Minim Anggaran, Disperkim Lobar Lakukan Lobi Percantik Jalur BIL

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Lombok Barat (Lobar) harus melakukan lobi sana-sini untuk meminta dukungan mempercantik jalur strategis Bandara Internasional Lombok (BIL) jelang perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah. Pasalnya, dinas terkait sangat minim sekali anggarannya untuk penataan yang dialokasikan dari APBD Lobar.

Kepala Disperkim Lobar H. L. Winengan mengatakan jelang MotoGP, pihaknya berupaya menata jalur strategis BIL supaya terlihat cantik dan indah. Namun anggaran diakui minim sekali dari APBD. “Anggaran kami minim untuk penataan sehingga kami lobi kemana-mana” jelasnya, Jumat, 15 Januari 2022.

Dikatakan, pihaknya berusaha mencari Corporate Social Responsibility (CSR)  dari perusahaan. Termasuk dukungan mitra kerjanya. Pihaknya pun sudah mendapatkan CSR dari Bank NTB. CSR ini, atas dukungan dari bupati. CSR yang diperoleh sebesar Rp100 juta untuk menata kawasan BIL dan bundaran GMS.

Untuk menata kawasan seputaran bundaran itu, pihaknya menaruh pot dan ditanami bunga sejenis jasmin, sakura, bugenvil. Sedangkan untuk sepanjang jalur Bypass BIL I dan bypass BIL II, akan ditambah ditanami bunga-bunga tersebut. “Kita tambah tanaman bunga-bunga, ini untuk menyambut MotoGP,” ujarnya.

Pihaknya tidak menanam Ketapang kencana, karena berbahaya. Sedangkan untuk lampu penerangan, pihaknya mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian ESDM. Pihaknya mendapatkan bantuan hibah bola lampu dari Kementerian ESDM sebanyak 500 biji. Dan itu akan dipasang di bypass BIL I maupun bypass BIL II.

Selain itu, ada juga nanti bantuan dari provinsi sekitar 40 biji bola lampu yang akan dipasang di beberapa titik. Ia menambahkan, penataan akan dilakukan di jalur strategis.

Bagiamana dengan jalur pintu masuk? Menurutnya itu akan dikoordinasikan dengan pihak terkait di pelabuhan. Ia mengimbau agar masyarakat menjaga bunga yang nanti ditanam. Ia juga mengajak agar masyarakat membawa bunga dan ditanam di sepanjang jalur bandara. (her)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...