Tinjau Sarpras Penunjang Sirkuit Mandalika, Presiden Minta Februari Rampung

0
Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana didampingi Gubernur NTB, H. Zulkieflimasyah dan Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Zulkieflimansyah meninjau sapras penunjang Sirkuit Mandalika, Kamis, 13 Januari 2022. (Suara NTB/diskominfotik)

Praya (Suara NTB) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesi Kerja, Kamis, 13 Januari 2022, meninjau dan mengecek langsung proses pembangunan sejumlah sarana prasaran (sarpras) penunjang Pertamina Mandalika International Street Circuit  yang akan menjadi tuan rumah gelaran balap MotoGP, bulan Maret mendatang. Presiden pun meminta seluruh sarpras penunjang sirkuit Mandalika sudah harus rampung bulan Februari mendatang.

‘’(Bulan) Februari saya minta semua sudah diselesaikan,’’ tegas Presiden Jokowi, saat memberikan keteranga pers, di Dusun Gerupuk Desa Sengkol, Lombok Tengah. Ada tiga sarpras utama yang diceknya. Mulai dari kesiapan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), jala bypass BIL-KEK Mandalika serta sarana penginapan berupa homestay milik warga.

Di bandara, Presiden ingin memastikan semua fasilitas penunjang sudah siap. Termasuk alur dan prosedur pelayanan. Terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang memang menjadi syarat utama yang harus dipenuhi. ‘’Tapi sudah kita lihat alur pelayanan di bandara dan kita lihat sudah baik,’’ ujarnya.

Usai dari bandara, dengan menggunakan sepeda motor Presiden menyusuri jalur bypass BIL-KEK Mandalika dan melihat langsung proses penanaman pohon pelindung dan bunga di jalur sepanjang 17,8 km tersebut. Penataan jalur bypass tersebut diharapkan bisa memberikan kesan menarik bagi wisatawan yang akan datang dan melintasi jalur itu.

‘’Proyek penataan bypass ini sudah seminggu dikerjakan dan kita lihat sudah ada perubahan,’’ sebutnya.

Tidak kalah penting lanjutnya, gelaran MotoGP mendatang diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Sehingga pemerintah turun memberikan bantuan kepada masyarakat berupa pembangunan homestay yang nantinya bisa disewakan ketika event MotoGP berlangsung. Dengan begitu masyarakat sekitar kawasan The Mandalika juga bisa merasakan manfaat secara ekonomi.

Pemerintah membangun total sekitar 300 homestay bagi masyarakat sekitar kawasan The Mandalika. “Kawasan The Mandalika kita harapnya tidak hanya urusan balap motor saja. Tapi bagaimana keberadaan kawasan ini juga bsa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dan, kita berharap Maret mendatang homestay-homestay milik masyarakat ini bisa terisi penuh,” tandasnya.

Usai dari Dusun Gerupuk, Presiden bersama rombongan kemudian mengecek perbaikan sirkuit internasional Mandalika. Mulai dari kesiapan organisasi dalam menghadapi event MotoGP termasuk mengetahui apa kesulitan yang dihadapai sejauh ini. Namun pihaknya optimis semua dalam kondisi siap dan event MotoGP bisa berlangsung sukses.

Tambah Penerbangan

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto mengatakan, untuk mendukung masuknya penonton ke Lombok, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok pun akan ditambah.

‘’Untuk masuk sendiri dari luar akan ditambah frekuensi penerbangan, baik dari Jakarta, Surabaya, Bali, maupun Makassar. Jadi mudah-mudahan penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022,’’ ujar Hadi.

Dalam kunjungan kali ini Presiden didampingi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimasyah serta Bupati Lombok Tengah (Loteng), H.L. Pathul Bahri, S.IP dan beberapa menteri. Diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. (kir)