Dompu Mulai Berikan Vaksin pada Anak

0
Proses penyuntikan vaksin terhadap anak di SDN 2 Dompu, Rabu, 12 Januari 2022.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Tim gugus Covid-19 Kabupaten Dompu mulai melakukan vaksin bagi anak. Dari 27.022 anak yang ditargetkan, kini sudah lebih dari 100 anak yang sudah divaksin. Terbatasnya vaksin menjadi penyebab rendahnya realisasi vaksin anak di Dompu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes kepada Suara NTB di ruang rapat Bupati Dompu, Kamis, 13 Januari 2022 meminta tim gugus tugas Covid-19 Provinsi untuk lebih mengutamakan ketersediaan vaksin di Kabupaten/Kota. Sampai saat ini, stok vaksin di Dompu hanya ada untuk jenis P-fizer dan Moderna. “Kalau Sinovac dan Astra Jeneka sudah kosong,” ungkapnya.

Vaksin yang disuntikan kepada anak – anak dalam tahap sosialisasi, kata Maman, merupakan vaksin Sinovac yang direncanakan untuk pemberian vaksin dosis kedua orang dewasa. Tapi karena ada instruksi Kapolri untuk pemberian vaksin bagi anak, sehingga diprioritaskan bagi anak. “Jangan sampai Dompu sama sekali tidak ada pemberian vaksin pada anak, makanya kita arahkan untuk anak,” katanya.

Stok vaksin di Dompu saat ini, kata Maman, untuk jenis Moderna sebanyak 47 ribu dosis dan p-fizer sebanyak 23 ribu dosis. Untuk anak usia 6 – 11 tahun direncanakan menggunakan vaksin jenis sinovac. “Insyaallah pekan depan akan ada kiriman dari pusat,” jelasnya.

Sementara untuk capaian vaksin dosis pertama bagi orang Dewasa sudah mencapai 143.500 jiwa dari target 174.467 orang atau 82,25 persen. Dosis kedua sudah mencapai 65.340 jiwa atau 37,45 persen. (ula)