Soal Lahan Sudah Tuntas

0
Hadi Tjahjanto (Suara NTB/ist)

PERSOALAN lahan di dalam area sirkuit internasional Mandalika sudah dinyatakan tuntas. Dari sekitar 20 kepala keluarga (KK) yang sebelumnya masih mendiami lahan dalam area sirkuit tersebut, tinggal 5 KK saja yang masih persiapan untuk pindah. Sisanya sudah dipindahkan ke lahan sementara milik ITDC. Sampai menunggu pembangunan rumah warga yang permanen selesai dikerjakan.

Hal itu ditegaskan mantan Panglima TNI  Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto yang kini menjabat Komandan Lapangan Persiapan MotoGP, Selasa, 11 Januari 2022. Ketika ditanya wartawan usai rapat singkronisasi persiapan gelaran MotoGP di Novotel Kuta, Hadi mengatakan kalau penyelesaian lahan dalam area sirkuit Mandalika sudah ditangani pihek ITDC. Dan, saat ini sudah tidak ada persoalan.

“Untuk masalah lahan di dalam sirkuit itu sudah selesai. Solusinya juga sudah ada. Jadi tidak ada persoalan lagi,” ujarnya.

Pihaknya sudah sempat turun langsung dua hari yang lalu di lokasi lahan yang masih ditempati warga. Dan, diketahui kalau warga sudah mulai berkemas untuk pindah ke lahan sementara yang disiapkan oleh pihak ITDC. Hal ini sekaligus menjawab persoalan-persoalan terkait lahan di dalam sirkuit yang katanya belum selesai.

Diakuinya, sebelum ini memang ada sekitar 20 KK yang masih menempati lahan di dalam area sirkuit. Itu karena memang warga masih menunggu kejelasan proses pembayaran lahan. Tapi kini semua sudah diselesaikan. Sehingga warga juga sudah mulai pindah walaupun tidak sekali. Karena ada yang sudah pindah dulua ada yang masih berkemas.

Jauh sebelumnya memang ada sekitar 48 KK yang terdata. Namun satu demi satu warga sudah dinyatakan clear status lahanya memilih pindah terlebih dahulu. Sementara warga yang status lahannya masih eclave tetap bertahap. Sampai menunggu kepastian pembayaran lahannya oleh piak ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika. (kir)