Polda NTB Tambah Personel Pengamanan MotoGP

0
Tampak Helikopter Polda NTB untuk persiapan pengamanan even MotoGP Mandalika, Rabu, 12 Januari 2022.(Suara NTB/jun)

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka memaksimalkan pengamanan event MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah (Loteng) pada Maret 2022, kepolisian daerah (Polda) NTB, menambah dua kompi brimob dari Polda Jawa Timur dan Polda Bali.

“Kita ada penambahan dua kompi personel brimob dari Polda Jawa Timur dan Polda Bali,” terang Kepala Biro Operasional Polda NTB, Kombes Pol. Imam Thobroni.

Dengan adanya penambahan dua kompi brimob dari luar daerah itu, maka even internasional ini akan dijaga ketat sekitar 3.200 orang. Jumlah tersebut bertambah dari 3.000-an orang saat gelaran IATC dan World Superbike (WSBK) pada November 2021 kemarin. “Kalau pramusim (Februari 2022) itu kan tanpa penonton, 1.200 personel kita terjunkan. Untuk di acara MotoGP Maret, mungkin jadi 3.200 orang,” jelasnya.

Menyangkut penambahan personel ini, Imam Thobroni mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika yang sudah ditunjuk Presiden, yakni mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Berikut soal alasan harus adanya penambahan kekuatan, seperti misalnya jumlah penonton MotoGP diperkirakan 100.000 orang dengan kapasitas harian 65.000. Atas beberapa pertimbangan itu, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, lanjut Imam, memberikan amanah kepada Polda NTB untuk tetap bertanggung jawab terhadap pengamanan. “Kita tetap konsentrasi dibidang pengamanan,” tandasnya. (jun)

Tiitle Ads