Kapolri Pantau Vaksinasi Anak di Loteng secara Virtual

0

Praya (Suara NTB) – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, memantau pelaksanaan percepatan vaksinasi tahap II dan anak usia 6-11 tahun secara virtual yang digelar serentak di seluruh Indonesia, Kamis, 23 Desember 2021. Untuk NTB, vaksinasi anak dipusatkan di Desa Penujak Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah (Loteng).  Pada kesempatan itu, Wakapolda NTB, Brigjen Pol Drs. Ruslan Aspan, SIK., turun langsung memantau didampingi Wabup Loteng, Dr. H.M. Nursiah, S.Sos., M.Si.

Sejumlah pejabat utama Polda NTB juga hadir. Di antaranya Karo. Ops. Polda NTB Kombes. Pol Imam Thobroni, Kabid. Propam Polda NTB, Kombes. Pol. Awan Harioni dan Kabid. TIK. Polda NTB Kombes Pol. Yayan Hartadi. Hadir juga Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, S.H., Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng Dr. Suardi, SKM., serta Plt. Camat Praya Barat Drs. H L. Herdan M.Si.

 “Vaksinasi anak ini merupakan salah satu upaya untuk terus memperkuat kekebalan kelompok. Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di kalangan anak-anak,” sebut Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Ruslan Aspan, SIK.

Untuk NTB, ujarnya, aat ini capaian vaksinasi dosis pertama sudah di atas 76,8 persen dari jumlah penduduk. Tentunya, bersama seluruh elemen termasuk pemerintah daerah pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin untuk segera menuntaskan vaksinasi dengan menggerakkan batalyon vaksin dan unsur-unsur pendukung lainnya.

Sebagai motivasi, dalam setiap kegiatan vaksinasi pihaknya juga turut memberikan stimulasi kepada masyarakat yang bersedia untuk divaksin. Sembari memberikan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya vaksinasi bagi tubuh manusia.

Terlebih sekarang dengan adanya penyebaran Covid-19 varian baru, varian Omicron, vaksinasi semakin penting. Hal ini untuk meminimalisir potensi terpapar Covid-19, khususnya lagi kepada anak-anak yang sejauh ini belum tersentuh vaksinasi. “Vaksinasi bagi anak umur 6-11 tahun salah cara kita untuk meminimalir potensi penyebaran varian Covid-19 yang baru, varian Omicron,” tambah Ruslan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, Dr. Suardi, menegaskan terkait kesiapan vaksin Covid-19 tidak ada persoalan. Sejauh ini stok vaksin masih aman. Setiap ada kebutuhan vaksin pemerintah pusat selalu menyiapkan. “Soal ketersediaan vaksin sejauh ini tidak ada persoalan. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” tandasnya. (kir)