Banjir Genangi Ratusan Rumah di Kecamatan Seteluk

0
Nampak banjir di kecamatan Seteluk yang merendam ratusan rumah, Kamis, 2 Desember 2021.(SuaraNTB/ist Camat Seteluk)

Taliwang (Suara NTB) – Hujan deras yang terjadi sejak pukul 18.00-22.00 WIta, Kamis, 2 Desember 2021 di Kecamatan Seteluk, mengakibatkan 337 unit rumah terandam air dengan ketinggian 10-40 sentimeter. Banjir yang menggenangi ratusan rumah tersebut terjadi akibat luapan air sungai yang ada di wilayah setempat serta air gunung karena kondisi wilayah yang tandus.

“Banjir yang terjadi kemarin merupakan yang terparah sejak beberapa tahun terakhir dan Desa Loka menjadi lokasi yang paling parah karena hampir semua dusun terdampak,” ujar Camat Seteluk, Agusman S. Pt, kepada Suara NTB, Jumat, 3 Desember 2021. Selain rumah sekitar tujuh hektar lahan jagung juga terendam dan rusak.

Selain intensitas hujan yang tinggi, tidak penyempitan aliran sungai juga menjadi faktor lainnya. Bahkan air yang membawa material sampah menjadikan air sungai meluap ke pemukiman masyarakat. Kondisi tersebut diperparah dengan tidak maksimalnya fungsi dari gorong-gorong yang sudah lama terbangun. Saat ini pemerintah kecamatan dan aparat gabungan juga tengah mengupayakan melakukan pembersihan terhadap material terbawa arus. “Banjir yang terjadi saat ini merupakan bencana terparah bahkan rumah saya (Camat) juga terdampak banjir,” sebutnya.

Kendati demikian, dirinya sangat bersyukur tidak ada korban jiwa akibat bencana dimaksud. Sementara untuk kerugian negara akibat bencana tersebut ditaksir mencapai ratusan juta. Pihaknya juga tengah mengupayakan bersama dengan aparat kepolisian TNI dan agen PDPGR untuk melakukan pembersihan terhadap sisa material. Apalagi hujan diprediksi akan kembali turun dengan intensitas tinggi sehingga akan memperburuk keadaan jika tidak dibersihkan segera. “Kita tetap upayakan pembersihan material sisa sampah yang terbawa arus segera dilakukan karena kami khawatir bencana banjir susulan akan kembali terjadi,” tandasnya. (ils)

Tiitle Ads