Atasi Kemiskinan, Pemda Lobar Disarankan Segera Lakukan Intervensi

Giri Menang (Suara NTB) – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah warga miskin di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) meningkat 105.240 jiwa atau 14,47 persen. Angka kemiskinan inipun menempatkan Lobar pada posisi empat di NTB.

Pemda pun disarankan untuk melakukan intervensi warga yang berada pada garis kemiskinan, kedalaman kemiskinan dan keparahan kemiskinan. Karena warga pada kedalaman dan keparahan kemiskinan cenderung menurun, sehingga kalau diintervensi bisa cepat terangkat.

‘’Dari 10 kabupaten/kota ditambah provinsi, kemiskinan Lobar dengan angka 14,47 persen, di bawah Bima dengan angka 14,88 persen, Lotim 15,38 persen, dan KLU 27,04 persen. Lobar menempati peringkat 7 dari 10 dari kabupaten/kota se NTB (urutan ke empat tertinggi di NTB),” terang Fungsional Madya BPS Lobar, Sapirin, dalam Rakor Kemiskinan, Rabu, 1 Desember 2021.

Menurutnya, kemiskinan meningkat tidak saja di Lobar, namun hampir merata di kabupaten/kota di NTB. Hal ini disebabkan dampak pandemi sejak 2019 lalu. Hal ini menyebabkan warga tidak bisa bergerak, menyebabkan transportasi macet. Kalau warga tidak bergerak, maka akomodasi juga sepi. Kalau akomodasi dan hotel sepi, otomatis orang jual makanan, barang kerajinan juga ikut sepi, sehingga berdampak terhadap tingkat konsumsi penduduk berkurang.

Walaupun angka kemiskinannya meningkat, akan tetapi kalau dilihat dari indek kedalaman dan keparahan kemiskinan Lobar justru menurun. Kedalaman kemiskinan menurun dari 2,91 persen tahun 2020 menjadi 1,70 persen tahun 2021. Sedangkan keparahan kemiskinan bisa ditekan dari 0,82 persen tahun 2020 menjadi 0,31 persen tahun 2021. Artinya jarak garis kemiskinan, indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan tidak terlalu jauh atau semakin kecil.

“Kalau semakin kecil angka indeks, maka semakin bagus. Artinya kalau kedalaman kemiskinan nol persen, tinggal diberikan bantuan mungkin sudah pindah ke atas garis kemiskinan,”ujarnya. Hal ini menggambarkan warga miskin atau berada di bawah garis kemiskinan rata-rata pengeluaran berdekatan.

Dalam menangani hal ini, langkah yang mesti ditempuh oleh Pemda Lobar untuk menurunkan kemiskinan, yakni masalah inflasi. Menurutnya, inflasi akan berpengaruh terhadap kemiskinan. Alasannya, karena inflasi itu dengan harga tinggi atau rendah akan mempengaruhi banyak atau sedikitnya kalori yang akan dibeli masyarakat untuk keperluan konsumsi.

Selanjutnya, distribusi pengeluaran. Artinya dari pengeluaran rumah tangga tangga, berapa persen digunakan untuk kepentingan untuk kebutuhan pokok berkalori tinggi. “Karena mungkin sering dengar, angka kemiskinan itu kadang-kadang dipengaruhi konsumsi rokok. Artinya konsumsi masyarakat terhadap rokok tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan konsumsi untuk kebutuhan pokoknya berkalori tinggi,” jelasnya.

Selain itu, jumlah penduduk berpengaruh terhadap kemiskinan karena dengan jumlah penduduk yang besar berdampak terhadap program pemerintah. Beberapa hal ini harus menjadi atensi agar ditangani serius untuk menurunkan kemiskinan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Hj. Sumiatun meminta semua OPD bersinergi dengan semua pihak, baik lembaga non pemerintah untuk mengentaskan persoalan kemiskinan. Pihak lembaga non pemerintah pun didorong berkolaborasi untuk membantu Pemda Lobar. Lebih-lebih angka kemiskinan Lobar bertambah tahun ini dampak pandemi. Menurutnya, adanya rakor bisa membangun koordinasi antara stakeholder dalam rangka mensinergikan upaya penanggulangan kemiskinan di Lobar di tengah pandemi Covid 19 yang belum berakhir. (her)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...