Empat Tahun NTB Dapat Nilai C Predikat Arsip

Mataram – Selama empat tahun terakhir, NTB rupanya dapat predikat C untuk penilaian kearsipan. Provinsi NTB dianggap masih kurang disiplin untuk proses dan pengetahuan tentang kearsipan dokumen dari tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rangking pegawasan itu datang dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang regular setiap tahun menilai dan memberi predikat soal kepatuhan dalam urusan arsip daerah. Sementara instansi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi NTB tetap memberikan pembianaan dan pengetahuan soal arsip penting OPD.

“Kami sekarang pelan pelan kita penataan, agar rangking pengawasan arsip akan lebih baik dari tahun tahun sebelumnya,” kata Kepala DPK Provinsi NTB, Julmansyah, M.Ap.

Predikat C itu didapat NTB sejak 2017, 2018, 2019 dan tidak beranjak hingga 2020. Selama empat tahun itu, Provinsi NTB dinilai relatif rendah dengangan poin 43,6 dengan predikat C.

“Untuk itu tahun ini kita genjot masalah kearsipan OPD ini naik menjadi poin 80, supaya kita ushakan predikat B,” sebut Julmansyah.

Ia kemudian memberi gambaran OPD lainnya agar mencermati kualifikasi penting dalam penilaian soal kearsipan dan menjadi tugas pihaknya.

ANRI sebagai lembaga Negara yang memberi penilaian akan memperhatikan dua aspek.

Pertama, DPK selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) akan dilihat sejauhmana mampu menjalankan fungsi pembinaan kearsipan. Selain kepada OPD, perusahaan daerah, parpol dan lembaga serta instansi lainnya. “Itu yang dinilai ANRI, sudah dilakukan atau tidak?, apakah sudah lakukan pengawasan di tingkat kabupaten atau kota,” tandasnya.

Kedua, ANRI akan melihat parameter retensi atau jangka waktu arsip itu dipertahankan atau dimusnahkan. Karena arsip sudah ada jadwal pemusnahan atau retensi dengan payung regulasinya. “Kapan arsip itu bersifat aktif, bersifat in aktif dan statis. Klasifikasi arsip jalan nggak di OPD. Ini yang sedang kita dorong, “ tandasnya.

Ketika arsip dimakan rayap atau sobek tapi punya nilai guna, ditegaskannya, punya treatment berebda. Instansinya sedang mendorong penggunakan teknologi dan bahan yang bisa mengawetkan arsip.

“Jadi ini semua yang sekarang kita lakukan bersama teman teman di sini. Meski anggaran kecil, tapi semangat tetap besar, semangat lahirkan inovasi besar,” pungkasnya. (tim)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...