Evaluasi Kasus Covid-19, Capaian Vaksinasi Lansia Masih Rendah

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi NTB melakukan evaluasi terhadap pencegahan dan penanganan kasus Covid-19 di seluruh kabupaten/kota. Khusus Kota Mataram, capaian vaksinasi lansia masih menjadi rendah. Kondisi kesehatan menjadi kendala. Rapat evaluasi dihadiri oleh Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Kapolresta Mataram Kombes Pol. Heri Wahyudi, Dandim 1606 Mataram Kolonel Gunawan, Asisten I Lalu Martawang, Kepala Dinas Kesehatan dr. Usman Hadi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, Mahfuddin Noor dan SKPD lainnya.

Walikota menjelaskan, rapat evaluasi Covid-19 terkait penanganan pandemi di seluruh wilayah di NTB. Tetapi khusus di Kota Mataram menjadi atensi adalah capaian vaksinasi lansia yang belum terpenuhi targetnya. Sebenarnya, kesadaran masyarakat mendapatkan vaksin cukup tinggi. Beberapa kasus ditemui ketika warga datang ke sentra vaksinasi saat dilakukan skrining oleh petugas kesehatan ternyata tidak memenuhi syarat. “Masyarakat terutama lansia ini cukup antusias menerima vaksin. Tetapi terkendala faktor kesehatan. Petugas nakes ndak berani mau vaksin,” terang Mohan dikonfirmasi usai menghadiri rapat evaluasi secara daring di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Rabu, 1 Desember 2021.

Capaian vaksinasi sampai tanggal 30 November untuk dosis pertama mencapai 100,38 persen atau 316.784. Sedangkan, dosis kedua baru 73,24 persen. Faktor kesehatan yang menjadi kendala masih dicarikan solusi. Apakah dengan menerbitkan surat keterangan ataukah kebijakan lainnya.  Menurut Walikota, capaian vaksinasi menentukan status penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Mataram. Walaupun capaian vaksinasi tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya. “Ini memberikan dampak penerapan PPKM kita di sini,” jelasnya.

Selain membahas capaian vaksinasi. Pemprov NTB juga meminta kabupaten/kota menyiapkan skenario menghadapi penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level III menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang.

Skenario penanganan wilayah sambung Mohan, akan dibahas kembali bersama Polresta dan Dandim 1606 Mataram. Penanganan ini dipastikan akan disesuaikan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentangan pencegahan dan penanganan Covid-19 pada Nataru.

Ditempat terpisah, mantan anggota Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 yang juga Ketua Fraksi partai Gerindra DPRD Kota Mataram, Hj. Baiq Mirdiati mendorong Pemkot Mataram menggencarkan vaksinasi lansia. Dorongan ini menyusul selisih yang cukup jauh antara capaian vaksinasi tahap pertama dan kedua pada kelompok masyarakat lansia. “Pencapaian vaksinasi lansia ini sangat kurang dibandingkan dengan yang pertama,” ujarnya kepada Suara NTB kemarin.

Untuk itu, dia menyarankan agar gugus tugas berinovasi untuk mempercepat capaian vaksinasi tahap kedua bagi kelompok lansia. Petugas diminta melakukan jemput bola. “Dan bisa juga pemerintah memberikan suvenir atau makanan tambahan kepada para lansia agar mereka bersedia hadir tanpa disuruh untuk vaksin,” imbuhnya. Melandainya covid 19 di Mataram cukup memengaruhi sikap masyarakat. (cem/fit)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...