Tes Pramusim MotGP Mandalika Digelar Tanpa Penonton

0
Penonton antre memasuki tribun untuk menonton balapan WSBK 2021 di gerbang barat Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, Minggu, 21 November 2021. Namun pada tes pramusim 11-13 Februari 2022 mendatang, balap di lintasan sirkuit jalan raya pertama di dunia ini tidak bisa disaksikan langsung dari tribun. Tes pramusim praktis hanya sirkuitnya saja yang digunakan dan tidak ada penonton. (ant/balipost).

Mataram (Suara NTB)Pertamina Mandalika International Street Circuit bakal dijajal berbagai teknologi baru motor MotoGP kalender balap 2022. Tes pramusim pada 11-13 Februari 2022 khusus kelas paling bergengsi. Meski demikian, aksi para pembalap di lintasan sirkuit jalan raya pertama di dunia ini tidak bisa disaksikan langsung dari tribun.

“Kalau tes pramusim praktis hanya sirkuitnya saja yang dipakai. Tidak ada penonton,” ucap Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro menanggapi soal kesiapan Sirkuit Mandalika menyambut MotoGP 2022.

Meski demikian, dia tetap menggarisbawahi kesiapan sirkuit di kawasan The Mandalika, Pujut, Lombok Tengah tersebut. Para pembalap dan kru tetap membutuhkan area layanan dalam menjalani tes resmi. Area paddock menjadi salah satu wilayah pembenahan utama.

“Relatif sedikit catatannya. Untuk area paddock kita sempurnakan fasilitas logistiknya. Untuk drainasenya bekerja semua. Tidak mempengaruhi balapan. Jadi drainasenya kita fokus untuk kenyamanan penonton,” jelasnya.

Bram memastikan tidak ada permasalahan berarti mengenai fasilitas sirkuit. Pihaknya juga sedang fokus menghadapi homologasi sirkuit agar bisa mendapatkan lisensi untuk menggelar balapan seri grand prix. Alias lisensi grade A dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

“Yang dari Dorna masukannya tidak terkait dengan penyelenggaraan. Kita tidak ada masalah karena sudah bisa menggelar WSBK (World Superbike). Jadi tidak ada masalah untuk MotoGP,” jelas Bram.

Balapan sejatinya digelar pada Maret 2022. Balapan ini bakal mengundang penonton. Bahkan dengan jumlah yang lebih melimpah dibandingkan dengan WSBK pada 19-21 November lalu. Tetapi tetap dengan pertimbangan pembatasan pada masa pandemi Covid-19.  “Kita masih lihat juga berapa penonton yang diizinkan pemerintah pusat,” ucapnya.

Jadwal tes pramusim MotoGP yang dirilis menempatkan Sirkuit Mandalika pada rangkaian tes kedua pada 11-13 Februari 2022. Jadwal ini sepekan setelah tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, 5-6 Februari 2022.

Sementara kalender sementara MotoGP 2022 mencantumkan Sirkuit Mandalika sebagai seri kedua dari total 21 seri yang akan digelar. Sirkuit sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan ini akan menggelar balapan motor kelas para raja untuk kali pertama pada 18-20 Maret 2022. (why)