HUT NTB Ke-63, OPD Hadirkan Sejumlah Kegiatan Dukung Pencapaian NTB Gemilang

0
Rapat persiapan kegaiatan untuk menyemarakkan HUT NTB ke-63 tahun 2021 di Aula Kantor Bappenda NTB, Senin, 29 November 2021. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – NTB akan memasuki usia 63 tahun pada 17 Desember mendatang. Untuk menyemarakkan peringatan HUT NTB ke-63, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB akan menghadirkan sejumlah kegiatan untuk mendukung pencapaian NTB Gemilang.

Ketua Panitia HUT NTB ke-63 Tahun 2021, Drs. H. Wirajaya Kusuma, M.H., mengatakan sejumlah kegiatan dilaksanakan OPD yang berkaitan dengan pencapaian visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc – Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. (Zul – Rohmi). Dikonfirmasi usai rapat persiapan menyemarakkan HUT NTB ke-63 di Aula Kantor Bappenda NTB, Senin, 29 November 2021, Wirajaya mengatakan kegiatan-kegiatan OPD akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

“Masing-masing OPD menghadirkan kegiatan dalam rangka pencapaian NTB Gemilang. Kita ingin hadir di tengah-tengah masyarakat NTB dari ujung timur sampai barat,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial dan Kemasyarakatan ini.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan, misalnya, penghijauan di jalan nasional dan provinsi mulai dari Ampenan sampai Sape. Dalam rangka pencapaian visi NTB Asri dan Lestari. “Semua jalan provinsi dan nasional dihijaukan dengan menanam pohon, juga membersihkan sungai,” sebut Wirajaya.

Selain itu, ada juga kegiatan NTB Expo yang akan melibatkan UMKM-UMKM lokal. Wirajaya juga mengatakan ada kegiatan lomba, bakti sosial dan jiburan yang dilaksanakan oleh OPD. Tahun ini, tema HUT NTB ke-63 adalah NTB Maju dan Gemilang.

“Masuk tahun ketiga pemerintahan Zul – Rohmi, capaian-capaian kita publish ke masyarakat. Yang berbeda tahun ini, tahun kemarin tidak dilaksanakan peringatan HUT NTB karena pandemi Covid-19. Sekarang kita menyesuaikan dengan pelibatan seluruh komponen masyarakat yang dimotori oleh OPD-OPD,” jelasnya.

Kegiatan-kegiatan  yang dilaksanakan OPD, kata Wirajaya yaitu kegiatan yang menyentuh dan melibatkan seluruh masyarakat. “Seperti penghijauan yang merupakan cerminan dari visi dan misi NTB Asri dan Lestari,” katanya.

Wakil Ketua III Panitia HUT NTB ke-63 Tahun 2021, Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si., mengatakan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan OPD. Seperti Dinas Pariwisata NTB menginisiasi rangkaian event seni, budaya fan ekonomi kreatif. Rangkaian event yang akan dilaksanakan Dinas Parawisata sebagai Ketua di bidang Hiburan adalah Photo & Vidio Contest 28 Nov – 15 Desember, jumpa Ekraf 1 – 3 Desember, Coaching Foto & Vidio, 5-9 Desember, Jumpa Ekraf II, 10 Desember, Pameran Lukisan & Keris, 13-17 Desember dan Malam Puncak HUT NTB, 17 Desember 2021

Kemudian Bappenda akan melaksanakan sejumlah kegiatan. Seperti Samsat Night dengan melibatkan stakeholder dan pihak-pihak terkait. Bappenda NTB menerima adanya pihak terkait yang berminat untuk dapat membuka stand dalam kegiatan Samsat Night.

Amry mengatakan ada juga kegiatan Bhakti Sosial Sembako, Sosialisasi Bahaya Narkoba, Program Ramah Disabilitas berupa pembagian kursi roda dan tongkat ketiak. OPD lainnya seperti DPA3KB memberikan penyuluhan tentang pencegahan perkawinan anak. Kemudian DPMPD Dukcapil bisa memberikan pelayanan data kependudukan di lokasi yang bermasalah data kemiskinannya. Termasuk juga kegiatan kebersihan di salah satu desa wisata.

Selain itu, BPBD membagikan logistik Covid-19 seperti masker dan handsanitizer. Dinas Pertanian dan Perkebunan memberikan bantuan bibit, bahan dan alat pertanian. Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan kegiatan kampanye ayo makan ikan dan bersih pantai.

Dinas Ketahanan Pangan menggelar pasar  pangan murah dan pengeluaran beras reguler untuk program stunting. Rumah Sakit Mata melakukan kegiatan skrining mata untuk anak sekolah. Sedangkan Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma menggelar pelayanan kepada ODGJ. Selain itu, BNN bersama OPD terkait melakukan edukasi bahaya napza di desa wisata dan workshop Napza di sekolah – sekolah. (nas)

Tiitle Ads