WSBK Beri Pengalaman Berharga

0
H. L. Pathul Bahri. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Gelaran World Superbike (WSBK) di sirkuit internasional Mandalika 19-21 November kemarin, diakui Bupati Lombok Tengah (Loteng) H.L. Pathul Bahri, S.IP, sangat sukses untuk ukuran event yang baru pertama kali digelar di daerah ini. Meski diakuinya, masih banyak hal yang juga perlu terus benahi. Terutama dari sisi kesiapan lokasi pendukung event balapan. Supaya pada gelaran event-event internasional kedepan bisa semakin baik dan maksimal lagi.

Kepada Suara NTB, Pathul mengatakan, dari sisi teknis pihaknya yakin ITDC bersama MGPA selaku penyelenggaran balapan WSBK tentu sudah punya catatan-catatan yang perlu diperbaiki dan disempurnakan. Sehingga soal persiapan event balapan kedepan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada penyelenggaran.

“Tentu event yang kemarin telah banyak memberikan pengalaman berharga bagi penyelenggara untuk bisa menjadi bahan evaluasi guna persiapan event-event kedepan lainnya,” sebutnya. Terlebih kedepan event yang diselenggarakan lebih bergengsi. Sehingga persiapan yang harus dilakukan jauh lebih masif lagi.

Dari sisi pemerintah daerah tegasnya pada prinsipnya siap mendukung sesuai tugas dan fungsi yang ada. Demi suksesnya event MotoGP dan event-event lainya yang diselenggarakan di kawasann The Mandalika nantinya.

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan kedepan ialah terkait pengaturan gerai UMKM yang dilibatkan. Hal itu penting, karena pada gelaran event WSBK yang baru lalu pengaturan UMKM diakui masih perlu dibenahi kembali. Mengingat banyak juga UMKM yang mengaku sepi. Di sisi lain, justru ada UMKM yang ramai.

“Ini (UMKM) perlu ditata kembali terkait lokasinya. Supaya ada pemerataan. Sehingga semua bisa merasakan manfaat dari keberadaan event internasional ini,” ujarnya. Termasuk dari sisi produk UMKM yang dipamerkan kedepan, bisa lebih banyak.

Tidak kalah penting perlu disiapkan beberapa opsi untuk antisipasi kondisi yang mungkin terjadi. Termasuk kondisi terburuk dengan adanya hujan lebat seperti yang terjadi pada event WSBK kemarin. Dengan begitu pelaksanaan event bisa berjalan dengan sukses. (kir)