Meriahkan HUT dan HGN, Sepeda Sehat PGRI Lobar Hidupkan Pedagang Kecil di saat Pandemi

Giri Menang (Suara NTB) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Lombok Barat menggelar sepeda sehat pada Minggu, 28 November 2021. Kegiatan itu mengambil rute dimulai dari Desa Golong dan sampai di kawasan wisata Suranadi Kecamatan Narmada. Sepeda santai yang diikuti Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid didampingi Ketua PGRI Lobar, Tajuddin, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan segenap jajaran serta para guru hingga masyarakat umum ini meramaikan pedagang kecil yang ada di sekitar lokasi.

Para peserta membeli makan di pedagang kecil yang ada di sekitar daerah setempat, sehingga cukup bisa menghidupkan pedagang kecil di tengah pandemi. Acara tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan sepeda sehat yang dilepas oleh Kepala Desa Golong H. M. Zaenuddin itu mengambil rute dimulai dari Kantor Desa Golong ke timur dan belok kiri di Jalan Raya golf-Teratai-Taman Wisata Alam Suranadi kemudian sampai di Lapangan Kantor Desa Suranadi. Di tempat itu juga di lakukan hadiah secara gratis bagi peserta sepeda sehat.

Para peserta yang mengikuti sepeda sehat merupakan klub-klub sepeda yang ada di Kabupaten Lombok Barat, kepala sekolah, guru-guru, pelajar dan masyarakat umum. Ketua PGRI Lobar, Tajuddin mengatakan, kegiatan sepeda sehat merupakan rangkaian akhir dari kegiatan HUT PGRI yang berulang tahun ke-76 sekaligus Hari Guru Nasional (HGN). Sebelumnya pihaknya membuat acara di satuan pendidikan di Lobar, kemudian melakukan bersih pantai bekerja sama dengan lingkungan hidup, dan Dinas Pariwisata Lombok Barat.

Ketua PGRI Lobar yang juga Kepala SMPN 1 Narmada ini mengatakan, tujuan akhir di gelarnya sepeda sehat untuk membangkitkan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan peserta berbelanja di pedagang kecil akan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid 19. “Kalau pak bupati punya jargon Si Tebel, kalau kami di PGRI ada BBM (Belanje leq Batur Mesaq atau belanja di teman sendiri). Semoga ini berkah bagi masyarakat dan berkah bagi semua yang hadir,” pungkas Tajuddin.

Kepala Desa Suranadi, I Nyoman Adwisana menyambut baik kegiatan yang terselenggara atas kolaborasi desa dengan PGRI. “Karena ini manfaatnya besar sekali, dan berdampak terutama bagi warga (pedagang kecil) kami di Suranadi menjadi hidup di tengah kondisi Pandemi ini,” jelas dia.

Diakui Nyoman, kegiatan semacam ini sangat bagus karena mampu membangkitkan ekonomi pedagang kecil di desa. “Banyak manfaat dirasakan pedagang,” ujarnya.

Sementara Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh PGRI Lombok Barat. Selain ia memberi selamat kepada para guru, ia juga harapkan para guru terus menjadi guru pembelajar, pemberi inspirasi, dan terus menjadi keteladan bagi anak didik dan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat. Tidak hanya itu, para guru dan masyarakat Lombok Barat juga diminta rajin berolahraga dan tetap taat dengan protokol kesehatan. “Bila perlu katanya para guru gunakan sepeda untuk beraktivitas,” harapnya. (her)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...