Usia Pelajar Dominasi Penyalahguna Narkoba di KSB

Taliwang (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa Barat, mengaku tengah memberikan atensi terhadap kasus penyalahguna narkoba terutama di usia remaja. Berdasarkan data yang diterima dari BNNK usia remaja yang terpapar narkoba mencapai 20 anak yang sudah direhabilitasi dari 30 kasus.

“Kebanyakan dari mereka merupakan para pelajar mulai dari tingkat SMP hingga  SMA dan ini menjadi atensi kita untuk terus ditekan,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) KSB, Amar Nurmansyah, ST., M. Si, kemarin. Kondisi ini mengakibatkan KSB menjadi daerah pasar dari peredaran Narkoba.

Banyaknya remaja direbilitasi lanjutnya, mengindikasikan bahwa pengguna narkoba di kalangan pelajar cukup tinggi. Dirinya sangat mengapresiasi BNNK yang terus melakukan sosialisasi sehingga remaja sadar dan datang melakukan rehabilitasi. Karena tidak mudah untuk bisa keluar dari jeratan narkoba dan ketika mereka ingin berhenti tentu sangat dihargai. “Kami sangat bersyukur BNNK terus melakukan sosialisasi terhadap persoalan ini sehingga masyarakat sadar dan mau direhabilitasi,” sebutnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima dari BNNK para pengguna narkoba yang direhabilitasi, rata-rata mereka berawal dari mencoba dan ketagihan. Kesediaan pengguna untuk mengikuti rehabilitasi sangat diapresiasi. Saat ini, semakin banyak penyalahguna yang secara sukarela melaporkan diri. Pihaknya bersama BNNK akan terus gencar melakukan sosialisasi terutama ke sekolah-sekolah dan masyarakat secara umum. Karena rata-rata para penyalahguna merupakan usia produktif. “Memang angka rehabilitasi kita saat ini sangat tinggi, makanya kami mengimbau masyarakat waspada dan mengawasi anak-anaknya supaya bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya. (ils)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...