Pelebaran Jalan Depan Sirkuit Mandalika, NTB Targetkan Rampung Sebelum Gelaran MotoGP 2022

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB menargetkan pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika yang menjadi catatan Dorna Sport dalam gelaran World Superbike (WSBK) tuntas sebelum perhelatan MotoGP Mandalika, 20 Maret 2022. Pemprov telah mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp16 miliar untuk melebarkan jalan ruas Kuta – Keruak sepanjang 5,3 km tersebut tahun 2022 mendatang.

“Desember awal kami lelang. Tahun 2022, kita tangani  supaya bisa fungsional sepanjang 5,3 km. Sementara ada dana DAK Rp16 miliar,” kata Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Ridwan Syah, M.M., M.Sc., M.T.P., dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 25 November 2021.

Ridwan menjelaskan anggaran sebesar Rp16 miliar tersebut belum cukup untuk penanganan ideal seperti jalan bypass. Karena butuh anggaran sekitar Rp100 miliar. Untuk sementara, jalan depan Sirkuit Mandalika tersebut akan dilebarkan menjadi 6 meter.

Kemudian ditambah bahu jalan yang akan dibeton 2×1,5 meter. Sehingga  fungsional jalan  menjadi menjadi 9 meter. “Insya Allah rampung sebelum event MotoGP. Itu tantangan buat Kadis PU,” ujar Ridwan.

Tahun 2022, total DAK Fisik Bidang Infrastruktur Jalan yang diperoleh Pemprov NTB sebesar Rp65 miliar. Termasuk DAK sebesar Rp16 miliar untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika. Dan semua DAK sebesar Rp65 miliar tersebut sudah ada peruntukannya.

Jalan strategis ainnya yang cukup mendesak dilebarkan untuk mendukung MotoGP Mandalika 2022 adalah ruas Lembar – Gili Mas. Ruas jalan Lembar – Pelabuhan Gili Mas direncanakan akan dilebarkan sepanjang 7 – 9 km.

Sebelumnya, Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Happy Harinto menyebutkan beberapa catatan Dorna  pasca gelaran WSBK  Mandalika, 19 – 21 November lalu. Selain perbaikan dari aspek sirkuit, Dorna Sport juga memberikan catatan soal sarana pendukung di sekitar sirkuit yang harus dibenahi agar Sirkuit Mandalika tetap bisa menggelar ajang balap MotoGP di tahun 2022 mendatang.

Salah satunya jalan di depan sirkuit menjadi perhatian dari pihak Dorna. Sehingga perbaikan ruas jalan di depan Sirkuit Mandalika mendesak dilakukan. Sebagai salah satu persiapan penyelenggaraan event MotoGP tahun depan.

Apa yang menjadi catatan-catatan yang diberikan oleh pihak Dorna itu harusnya menjadi perhatian untuk dijawab segera. Termasuk soal peningkatan kualitas jalan di depan Sirkuit Mandalika. Dalam hal ini kewenangannya ada di tangan pemerintah. (nas)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...