Korem 162/WB Siaga Bencana Alam

0
Danrem 162/WB Ahmad Rizal Ramdhani memeriksa kesiapan personel gabungan siaga bencana alam, Kamis, 25 November 2021 dalam apel gelar pasukan di Lapangan Sangkareang, Mataram.(Suara NTB/Penrem 162/WB)

Mataram (Suara NTB) – NTB mulai memasuki musim penghujan. Bencana alam hidrologi mengintai. Korem 162/WB menyiapkan pasukan dan personel gabungan. Potensi bencana ini diantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian material. Untuk kesiapan tersebut, diadakan gelar pasukan, Kamis, 25 November 2021. Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengecek kesiapan personel yang mengikuti apel di Lapangan Sangkareang, Mataram.

Apel ini diikuti juga Polda NTB, Tagana, Basarnas, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Anggota Pramuka dan relawan URC. Selain kesiapan personel, dilaksanakan juga pengecekan perlengkapan maupun peralatan yang dibutuhkan dalam penanggulangan bencana.

“Beberapa wilayah di NTB kerap terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor. Dengan datangnya musim hujan dan cuaca ekstrim belakangan ini sehingga perlu adanya upaya dan kesiapan bersama untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana alam,” ujarnya.

Apel gelar tersebut untuk memastikan kesiapan. Baik personil maupun materiil. Sehingga apabila terjadi bencana alam, pola penanggulangannya telah disiapkan untuk membantu masyarakat yang tertimpa bencana secara cepat dan tepat.

“Bahwa Tugas pokok TNI di samping perang, juga membantu masyarakat dalam rangka tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi pasca terjadinya bencana alam,” tegas Danrem.

Rizal pun menghimbau seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati saat keluar rumah atau berkegiatan di luar rumah. Hal itu sebagai antisipasi terjadinya angin kencang dan pohon tumbang guna mencegah resiko terjadinya korban.

“Alhamdulillah kami sudah melakukan pengecekan personil dan materiil dan Insya Allah telah siap. Upacara seperti ini juga akan kami teruskan hingga ke kabupaten kota se NTB,” pungkas jenderal bintang satu ini.

Apel ini turut dihadiri Wakapolda NTB, Sekda Provinsi NTB, Danlanud ZAM, Danlanal Mataram, Walikota Mataram, Dandim 1606/Mataram, Kapolresta Mataram, Kadikes Provinsi NTB, Kadisos Provinsi NTB, dan Kalak BPBD Provinsi NTB. (why)

Tiitle Ads