Gunakan Anggaran Rp706 Miliar, Pembangunan “Bypass” Mandalika Lewat Program PEN

0
Suryadi (Suara NTB/ist)
ads top adsamman

Mataram (Suara NTB) – Pembangunan jalan byass Mandalika dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Mandalika sepanjang 17 km, lebar ROW 50 meter dengan dua jalur dilengkapi dengan media jalan. Anggaran yang digunakan sebesar Rp706 miliar untuk tahun anggaran 2020 – 2021 yang dicairkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mataram sebagai perpanjangan Kementerian Keuangan di daerah. Pembangunan jalan bypass Mandalika merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Mataram, Suryadi, Kamis, 25 November 2021 mengatakan kegiatan pembangunan jalan bypass Mandalika tersebut dikerjakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB. Hingga dapat meningkatkan konektivitas dari bandara ke Kawasan sirkuit dan wisata pendukung lainnya di Kuta Mandalika.

Dijelaskan, sesuai Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). PEN adalah rangkaian kegiatan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional yang merupakan bagian dari kebijakan keuangan negara yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk mempercepat penanganan pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

PEN juga digunakan sebagai instrumen untuk  menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional atau stabilitas system keuangan serta penyelamatan ekonomi nasional. Dengan telah selesainya pembangunan jalan bypass tersebut mendukung perhelatan WSBK Mandalika, 19 – 21 November 2021 yang dinilai banyak kalangan sangat sukses.

Perhelatan tersebut  terselenggara dengan aman dan lancar. Serta hasil yang sangat memuaskan baik dari sisi penyelenggara, keamanan, kelancaran, serta penyediaan akomodasi, transportasi dan terutama dukungan dari masyarakat sekitar Kawasan Sirkuit Mandalika. Pemprov NTB sebagai penunjang acara tersebut dan  terlibat langsung bekerja sama dengan semua pihak atas arahan Pemerintah Pusat menjadikan ajang WSBK Mandalika yang pertama di Indonesia. Dan  dapat membanggakan nama Indonesia di kancah internasional.

Suryadi mengatakan transportasi lancar mulai dari Kota Mataram sampai ke bandara dengan melewati jalan bypass Mandalika hingga. Pemprov NTB juga mengeluarkan aturan yang sangat penting dengan pengadaan bus ke masyarakat umum, serta penyekatan masuk ke lokasi sirkuit. Kemudian penyediaan lahan parkir transit yang membawa kendaraan pribadi ke lokasi sirkuit, dan aturan prokes yang sangat ketat, menunjukan komitmen dan keseriusan di ajang internasional ini.

Dengan selesainya pembangunan bypass Mandalika secara tepat waktu,  sangat menunjang dalam kegiatan even internasional ini. Kemacetan dan kesemrautan dapat dihindari hingga masyarakat sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Indonesia boleh berbangga karena telah tercipta ikon baru dari wilayah NKRI untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke dalam negeri. Sehingga menggairahkan kembali sektor pariwisata dan dan sektor sektor riil lain dari dampak sirkuit berkelas dunia tersebut. (nas)