NTB Diharapkan Nol Cukai Ilegal

Mataram (Suara NTB) – Kampanye dengan judul Gempur Rokok Ilegal belum kendor. Pemerintah Provinsi NTB bersama kabupaten kota, menggandeng Bea Cukai sedang gencar kampanye anti rokok ilegal. Harapannya, dengan semakin massif kampanye tersebut, Provinsi NTB  diharapkan nol cukai ilegal.

Upaya pencegahan dan penindakan rokok ilegal itu dilakukan dengan memanfaatkan porsi anggaran sebesar 25 persen untuk penegakan hukum. Selain berupa penyitaan rokok ilegal, penegakan hukum juga masuk dalam kategori pencegahan melalui kampanye iklan dan baliho.

“Kampanye gempur rokok ilegal  itu adalah bagian dari penegakan hukum. Dan kita harapan dengan penegakan hukum ini, angka cukai ilegal di NTB menjadi nol,” kata Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda NTB, Iskandar Zulkarnain, S.Pt., M.Si.

Ia mengapresiasi kabupaten dan kota yang gencar melakukan pencegahan dengan memasang baliho, poster dan iklan  gempur rokok ilegal. Ini menandakan bahwa semua  kepala daerah dan jajarannya sepakat dengan kampanye yang sama di tiap daerah.

“Saya apresiasi, banyak sekali poster dan baliho gempur rokok ilegal. Sudah sering Pol PP melakukan razia dan pemasangan baliho baliho di daerah,” kata Iskandar.

Ia berharap upaya itu tidak kendor, bahkan semakin gencar dan massif.  Jika ini konsisten, maka ia yakin  gerakan kampanye berantas rokok ilegal  akan mendongkrak atau meningkatkan pendapatan daerah khususnya  pada bidang cukai.

Guna memudahkan masyarakat mengenali ciri ciri cukai rokok ilegal. Dicontohkannya, rokok tanpa pita cukai yang dijual bebas jelas terlarang.

Termasuk kategori ilegal adalah pita cukai palsu. Kasus ini juga banyak ditemukan. “Selain itu, ciri cirinya, memakai cukai bekas.  Nah, ini termasuk rokok ilegal,” tegasnya. Soal kasus ini di NTB selama operasi gabungan dilihatnya relatif kecil disbanding daerah lain dengan persentase produksi rokok dan cukai besar.

“Dari hasil pemantauan, tidak banyak (Cukai rokok ilegal).  Mudah mudahan tidak banyak. Hanya sebagian kecil saja. Mudah mudahan tidak ada. Kita harapan nol NTB ini,” tandasnya.

Dalam hal pemanfaatan 25 persen  DBHCHT untuk penegakan hukum, pihaknya selalu menggandeng Bea dan Cukai Mataram yang berperan dalam fungsi penindakan.

Sementara Kepala Kantor Bea dan Cukai Mataram, I Putu Alit Ari Sudarsono tidak kalah gencar. Ia bersama jajarannya memberikan sosialisasi terkait penegakan hukum di bidang Kepabeanan dan Cukai. “Penegakan hukum meliputi sosialisasi, koordinasi, pengumpulan informasi, penindakan, dan industri hasil tembakau,” jelasnya.
Ia menekankan pentingnya DBHCHT dalam menyejahterakan petani tembakau,pengusaha hasil tembakau,dan masyarakat umum sehingga diperlukan koordinasi yang baik antar satuan kerja daerah.

Pengedar ataupun penjual rokok ilegal termasuk melakukan pelanggaran yang dapat berpotensi sebagai pelanggaran pidana.

Sanksi untuk pelanggaran tersebut mengacu pada Undang-undang RI Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai.

Ancaman pidana ini diatur dalam pasal 54 dan pasal 56 Undang-undang RI Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai.

Siapapun, baik perorangan maupun usaha agar mengurungkan niat jika ingin berbisnis rokok tanpa cukai. Sementara yang sudah terlanjur berbisnis ilegal ini agar segera dihentikan sebelum ditemukan petugas. (tim)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...