Hari Guru Nasional, Guru Didorong Meningkatkan Kompetensi di Era Digital

Mataram (Suara NTB) –  Hari Guru Nasional tahun 2021 pada Kamis, 25 November 2021 menjadi momentum bagi guru untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pada era digital. Berbagai upaya peningkatan kapasitas dan profesionalitas perlu dilakukan oleh para guru.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) NTB, Yusuf Zaini, S.Pd., mengatakan, dalam momentum hari ulang tahun ke-76 PGRI dan hari guru nasional 2021, pihaknya mendorong pengurus PGRI kabupaten dan kota untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru di bidang digital. “Di era sekarang dan yang akan datang guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan teknologi, hal ini meruapakan kebutuhan di masa yang akan datang,” ujar Yusuf pada Rabu, 24 November 2021.

Menurut Yusuf, pembelajaran yang inovatif membutuhkan keterampilan teknologi infomrmasi. Ia mengatakan, mengajar peserta didik bukan hanya teori saja. “Oleh karena itu pilihan kepada blended learning (pembelajaran campuran antara tatap muka dan daring) sangat perlu,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd., M.Pd., mengatakan, momentum peringatan hari guru nasional tahun 2021 perlu menjadi momentum evaluasi dan koreksi bersama guru-guru di seluruh Kota Mataram. “Kita harus terus meningkatkan profesionalisme kita sebagai seorang pendidik dan pengajar, kita adalah pelayan bagi masyarakat, khususnya dalam melayani pendidikan. Guru harus menyadari tupoksi, sebagai pendidik dan pengajar,” jelas Fatwir.

Menurut Fatwir, momentum hari guru nasional memberi semangat yang tinggi kepada guru. pihaknya di pemerintahan akan coba memberikan fasilitas kepada guru. “Sehingga mereka (guru) betul-betul mengajar dengan keikhlasan, kesabaran, dan penuh dengan profesionalisme yang tinggi,” harapnya. (ron)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...