NTB Care Jadi Saluran Solusi Masalah Sosial Masyarakat NTB

Mataram (Suara NTB) – NTB Care adalah inovasi Pemprov NTB sebagai media aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara Pemimpin dengan masyarakat NTB.

Berbagai pengaduan dan informasi terkait layanan pemerintahan, pembangunan sosial kemasyarakatan dan sebagainya di terima untuk diselesaikan oleh pemerintah.

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB sebagai pengampu program unggulan NTB Care, terus berikhtiar dalam memperkuat dan menggencarkan sosialisasi untuk meningkatkan literasi dan pengetahuan masyarakat tentang program-program unggulan sesuai RPJMD NTB Tahun 2019-2023.

“Salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi NTB Care sebagai media untuk menampung dan menangani pengaduan masyarakat terkait berbagai masalah layanan public,” kata Kepala Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, saat membuka Sosialisasi NTB Care dan layanan pengaduan masyarakat lainnya di Aula Kantor Diskominfotik NTB, Senin, 22 November 2021.

Program ini sekaligus wujud Pemerintah Provinsi NTB hadir untuk mau mendengar keluh kesah dan menampung ide- ide baik dari masyarakat sebagai bahan untuk menyempurnaan kebijakan dan program-program.

Di hadapan peserta sosialisasi yang terdiri dari para admin di masing-masing OPD Pemprov NTB, Najamuddin Amy menambahkan,  NTB Care merupakan jawaban pasti atas kerisauan ataupun kebingungan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah agar dapat ditindaklanjuti.

Ia menambahkan, NTB Care menjadi sangat urgen karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan kemanusiaan, pencerahan, literasi, edukasi kepada masyarakat.

Bila bergulir informasi yang tidak jelas terkait atau yang bersentuhan dengan OPD masing-masing, maka kewajiban para Admin PPID/OPD masing-masing untuk menjelaskan ataupun meluruskannya agar informasi itu tidak membias kemana-mana.

“Itulah sebabnya kami di Diskominfotik NTB ini setiap apel pagi Senin itu ASN dan non ASN itu dituntut untuk aktif bermedia sosial agar informasi yang kurang baik tentang NTB bisa dijawab dengan cepat dan tepat. Semua itu bisa kita lakukan karena kita memiliki data dan informasi yang kita miliki,” kata Najam.

Kadiskominfotik menjelaskan, ada dua acara agar bisa memberikan informasi yang benar kepada orang lain baik di dunia maya dan di dunia nyata secara cepat dan tepat. Admin di masing-masing OPD juga harus berperan aktif di media sosial  untuk menyampaikan hal-hal yang baik.

“Karena sekali lagi menjadi Admin NTB Care itu adalah panggilan hati, nurani, jiwa karena ini adalah pekerjaan kemanusiaan. Karena itu kepada para aduan yang diterima oleh para Admin untuk segera disampaikan kepada Kepala OPDnya untuk memberikan jawaban agar tim bergerak cepat untuk ditindaklanjuti. Aduan masyarakat yang masuk kita inginkan agar bergerak cepat untuk dibantu,” tandasnya. (r)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah...

0
Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu seluas 22,3 are di jalan lingkar utara Karijawa Dompu diduga hendak diserobot warga. Sejumlah...

Latest Posts

Lahan PDAM Hendak Diserobot, Satpol PP Cari Pelaku yang Timbun Tanah Uruk di Lahan PDAM

Dompu (Suara NTB) - Lahan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten...

Pemprov NTB Dorong Peningkatan Waktu Kunjungan ke Gili Trawangan

Mataram (Suara NTB) – Tak cukup sehari dua hari,...

Polisi Tembak Tersangka Perampok dan Pemerkosa

Selong (Suara NTB) - Satuan Reskrim Polres Lombok Timur...

Triathlon Ironman 70.3, Diikuti Ribuan Peserta dari 32 Negara

Giri Menang (Suara NTB) - Perhelatan Triathlon Ironman internasional...

Lima Kapal Pesiar Dijadwalkan Singgah di Gili Mas

Giri Menang (Suara NTB) - Lima kapal pesiar dijadwalkan...