BMKG Ingatkan Dampak Siklon Tropis “Paddy” di NTB

Mataram (Suara NTB) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) mengingatkan dampak siklon tropis Paddy di NTB. Siklon tropis Paddy dapat menyebabkan peningkatan curah hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi di NTB.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi ZAM, Cucu Kusmayancu, S.Kom., menjelaskan berdasarkan pemantauan monitoring TCWC Jakarta, adanya siklon tropis Paddy di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah. Tepatnya di 13.5 LS 108.1 BT dengan tekanan 995 mb dan kecepatan angin maksimum 40 knot atau 75km/jam. Siklon tropis Paddy terpantau bergerak dengan kecepatan 6 km/jam ke arah selatan menjauhi Indonesia.

Menurut pemantauan TCWC Jakarta, kata Cucu,  siklon tropis Paddy dalam waktu 24 jam ke depan akan menurun bergerak ke arah barat. Dampak dari bibit siklon ini memberikan pengaruh tidak langsung terhadap pola cuaca di Indonesia khususnya di NTB berupa konvergensi dan belokan angin.

“Serta memberikan dampak peningkatan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan tinggi gelombang,” kata Cucu, Selasa, 23 November 2021.

Masyarakat NTB diimbau untuk mewaspadai fenomena cuaca ekstrem yang terjadi secara tiba-tiba seperti hujan lebat, angin puting beliung, angin kencang, dan peningkatan tinggi gelombang yang memicu terjadinya bencana hidrometeorologi. Kewaspadaan dalam menghadapi musim hujan khususnya wilayah yang rentan dan berpotensi terjadi banjir dan longsor di NTB.  (nas)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...