Tiga Hari Gelaran WSBK, BIZAM Catat Jumlah Penumpang Terbanyak Selama PPKM

0

Praya (Suara NTB) – Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) mencatat jumlah penumpang terbanyak selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak bulan Juli lalu, selama gelaran World Superbike (WSBK) akhir pekan kemarin. Dengan jumlah penumpang tertinggi mencapai 6.419 orang pada Minggu, 21 November 2021, baik penumpang yang datang maupun berangkat.

“Catatan jumlah penumpang ini merupakan yang tertinggi selama kebijakan PPKM diberlakukan oleh pemerintah pusat sejak bulan Juli lalu,” ungkap Stakeholder Relations Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Arif Harianto, saat dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 22 November 2021.

Ia menjelaskan, pada hari pertama gelaran WSBK di Pertaminan Mandalika International Street Circuit, Jumat, 19 November 2021, jumlah penumpang juga tercatat 6.325 orang. Dengan jumlah penumpang yang datang mencapai 4.241 orang. Lebih tinggi dari jumlah penumpang datang pada hari terakhir gelaran WSBK sebanyak 4.071 penumpang.

Adapun pada hari Sabtu, penumpang pesawat di BIZAM turun menjadi 5.395 orang. “Jadi total selama event WSBK berlangsung total BIZAM melayani sebanyak 18.139 penumpang. Dan, ini jadi catatan tertinggi selama kebijakan PPKM berlangsung,” terangnya.

Untuk pergerakan pesawat sendiri tercatat tertinggi pada hari pertama gelaran WSBK sebanyak 63 pesawat. kemudian hari kedua 48 pergerakan pesawat serta 58 pergerakan pesawat di hari terakhir gelaran WSBK. Artinya, gelaran WSBK cukup memberikan dampak signifikan terhadap arus penumpang pesawat di BIZAM.

“Saat ini aktivitas penumpang masih cukup tinggi di BIZAM Karena banyak wisatawan yang sebelumnya memang datang untuk berwisata sembari menonton event WSBK di Pulau Lombok, kini sudah mulai kembali ke daerahnya masing-masing,’’ ujarnya. (kir)

Tiitle Ads