Sukseskan ANBK, Sekolah Siasati Kekurangan dengan Pinjam Laptop

0
Pelaksanaan ANBK di SDN 1 Gerung berjalan lancar, meski harus meminjam laptop untuk bisa ikut ANBK. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – SDN 1 Gerung Utara Lombok Barat (Lobar) melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pekan kemarin. Meski  di tengah kendala yang menjadi hambatan seperti kekurangan laptop, pelaksanaan ANBK di sekolah itu bisa berjalan lancar. Pihak sekolah mensiasati kekurangan perangkat laptop dengan meminjam, sehingga bisa mengikuti ANBK secara mandiri.

Kepala SDN 1 Gerung Utara Hj. Sabariah, Senin, 22 November 2021 mengatakan ANBK bagi anak-anak kelas V diadakan selama dua hari, mulai tanggal 15-16 November. Diakui, sejumlah kendala dihadapi di lapangan selama mempersiapkan pelaksanan ANBK ini. Seperti upaya pemenuhan perangkat seperti laptop, WiFi dengan sinyal kuat.

Pihak sekolah, akunya, hanya memiliki 4 laptop, sehingga pihaknya harus meminjam ke para guru, murid dan sekolah lain yang sudah mendapat bantuan. Meski, sekolahnya belum mendapatkan bantuan IT, pelaksanaan ANBK berjalan lancar. Di mana, terdapat 30 murid yang ikut dengan 5 cadangan. Murid cadangan dipersiapkan, apabila ada yang berhalangan hadir bisa diganti oleh murid cadangan tersebut.

Pihaknya melaksanakan ANBK dengan sistem 2 sesi setiap hari. Sesi 1 dimulai pagi, dilanjutkan sesi 2 mulai jam 1 siang sampai jam 3 sore. Di mana satu sesi sebanyak 15 murid. Pelaksanaan ANBK ini dimulai Senin (15/11) lalu hingga Selasa (16/11). Pelaksanaan ANBK di masing-masing sekolah berbeda-beda waktunya. Tergantung perangkat yang dimiliki, ada juga yang dilaksanakan 4 hari.

Lebih lanjut dikatakan, ANBK ini merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk survei pendidikan secara nasional. Tujuannya, untuk mengetahui posisi sekolah dari segi literasi dan numerasi.  Murid  yang ikut pun tidak semua murid kelas V, namun dipilih secara random oleh Kemendikbudristek. Setiap sekolah, jumlah murid yang ikut hanya 30 orang.

Pada bagian lain, SD sederajat yang mengalami kendala teknis saat Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) daring atau semi daring gelombang satu dan dua, pada Senin (15/11) sampai dengan Kamis (18/11) diberikan kesempatan untuk mengikuti tes di gelombang tiga dan empat, Senin (22/11) sampai dengan Kamis (25/11).

Sekretaris Panitia Wilayah Asesmen Nasional tahun 2021 Dinas Dikbud Provinsi NTB, Purni Susanto pada Senin (22/11) mengatakan, dipersilakan satuan pendidikan yang mengalami kendala teknis untuk melaporkan ke tim teknis. “Agar dapat melanjutkan tes di gelombang tiga dan empat,” ujarnya.

Sementara itu, Purni menyampaikan,  penjadwalan ulang akan diberikan kepada satuan pendidikan yang mengalami kendala teknis atau non teknis, sehingga tidak dapat mengikuti tes di gelombang 1,2,3, dan 4. Menu pengisian penjadwalan ulang di laman ANBK dibuka pada Senin, tanggal 22 November 2021 pada menu Penjadwalan Ulang di laman anbk.kemdikbud.go.id.

Penjadwalan ulang gelombang 1 dan 2 akan dilaksanakan pada tanggal 29 November-30 November 2021. Penjadwalan ulang gelombang 3 dan 4 akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember-2 Desember 2021. “Sekolah mengajukan juga melalui Web ANBK yang akan dibuka pada siang ini (kemarin, red),” ujar Purni. (her/ron)