SMAN 5 Mataram Adakan Diklat LDK Pengurus OSIS

0
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS dan Ketua Esktrakurikuler SMAN 5 Mataram tahun 2021/2022.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa-siswi di bidang kepemimpinan, SMAN 5 Mataram mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS dan Ketua Esktrakurikuler tahun 2021/2022. LDK yang dilaksanakan dua hari, Rabu-Kamis, 17 -18 November 2021 dilaksanakan di dua tempat yang berbeda. LDK adalah agenda rutin bidang kemahasiswaan pasca pelantikan pengurus OSIS.

Kepala SMAN 5 Mataram, Siti Nurhani mengatakan, LDK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Namun, substansi dari LDK tahun ini tetap disesuaikan dengan tujuannya yaitu melahirkan calon-calon pemimpin masa depan yang punya karakter kepemimpinan yang kuat.

“Seorang ketua, ketua apapun, mau ketua OSIS, ketua kelas, Ketua RT, apapun, harus punya strong leadership dan selesai dengan urusan pribadinya supaya bisa mengatur orang lain. Contohnya seorang ketua harus disiplin, tidak telat masuk kelas, ikut shalat berjama’ah dan seterusnya,” ujarnya.

Materi LDK tahun ini dibagi dua yaitu materi in class dan indoor. Materi in class berupa penguatan pengetahuan dasar-dasar kepemimpinan dan manajemen organisasi. Bahkan peserta LDK dibekali praktik pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan, karena mereka akan menggunakan anggaran sekolah dalam setiap kegiatannya. Sedangkan dalam materi indoor, peserta akan diberikan materi problem solving dan kerja sama dalam organisasi melalui kegiatan out bound.

Siti Nurhani, juga mengharapkan melalui LDK ini akan melahirkan praktik-praktik baik dalam berorganisasi. Lebih-lebih pengurus OSIS dan LDK tahun ini berada pada masa pandemi yang tidak hanya perhatikan peraturan sekolah dan hukum tetapi juga harus perhatikan protokol kesehatan Covid-19, sehingga secara khusus tahun ini akan dikawal langsung olehnya. (ron)