Lahan Dibayar, Warga Dalam Sirkuit Langsung Pindah

0
Situasi perkampungan di tengah area sirkuit internasional Mandalika. Warga menegaskan siap langsung pindah begitu pembayaran lahan diterima. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Sebanyak 36 kepala keluarga (KK) warga Dusun Ebunut Desa Kuta yang saat ini masih mendiami lahan di tengah area sirkuit internasional Mandalika menegaskan kesiapannya untuk langsung pindah, begitu proses pembayaran lahan selesai dilakukan. Warga sendiri nantinya ada yang akan pindah ke lokasi sementara di HPL 49 dan sebagian lainya memilih pindah ke wilayah Desa Mertak.

“Prinsipnya warga siap pindah begitu lahan sudah dibayar,” ujar Damar, perwakilan warga saat dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 22 November 2021.

Sejauh ini, proses pembayaran lahan warga sedang berproses. Informasi terakhir, pembayaran lahan akan dilakukan pada Selasa besok (hari ini,red).

Ia menegaskan, terkait harga lahan sudah tidak ada masalah. Warga dengan pihak ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika sudah mencapai kata sepakat terkait hal itu. Tinggal menunggu proses pembayaran saja. Dan, begitu lahan dibayar warga akan langsung pindah.

Damar mengaku kalau sampai saat ini warga masih bertahan dan mendiami lahan di dalam sirkuit internasional Mandalika, karena memang warga masih menunggu penyelesaian proses pembayaran lahan. Pihaknya tentu berharap seluruh proses pembayaran lahan bisa berjalan sesuai rencana. Sehingga warga bisa segera memperoleh kepastian soal lahan-lahan miliknya.

“Semoga semua bisa berjalan sesuai rencana. Sehingga warga bisa segera langsung pindah,” imbuhnya. Walaupun nantinya rumah-rumah warga tidak akan langsung digusur oleh pihak ITDC. Mengingat, pemanfaatan lahan warga di dalam area sirkuit tersebut masih proses perencanaan oleh pihak ITDC. Yang terpenting status lahan sudah clear. Dengan begitu, tidak ada polemik terkait lahan di dalam area sirkuit. (kir)