Rea Rajai WSBK Mandalika, Gelar Juara Milik Toprak

0
Pembalap Kawasaki Racing Team WorldSBK Jonathan Rea (tengah) berfoto dengan pembalap Aruba.it Racing - Ducati Scott Redding (kiri) dan pembalap BMW Motorrad WorldSBK Team Michael van Der Mark (kanan) seusai balapan kedua (race 2) WSBK seri Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 21 November 2021. Rea berhasil menjadi juara diikuti Redding dan van Der Mark.

Praya (Suara NTB) – Pembalap Kawasaki, Jonathan Rea, merajai balapan World Superbike (WSBK) atau Race WSBK Mandalika 2021 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu, 21 November 2021.

Pembalap Kawasaki ini berhasil menjadi yang tercepat dalam dua race balapan tersebut. Sayangnya, meski sudah berhasil mejadi yang tercepat dalam dua race berturut-turut, namun gelar juara WSBK tahun ini  harus menjadi milik Toprak Razagatlioglu yang memiliki jumlah poin banyak.

Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu mengibarkan bendera Turki seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika
International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 21 November 2021. Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021..

Data yang disampaikan dalam situs Worldsbk disebutkan  Toprak  Razgatlioglu dari Tim Yamaha mengantongi total poin tertinggi yakni 564 poin sehingga gelar juara WSBK harus menjadi milik Toprak yang gagal naik podium juara di race ke dua karena menempati peringkat empat. Sementara itu Jonathan Rea yang merajai balapan kemarin meraih 551 poin, disusul Scott Redding dari Ducati  diposisi tiga dengan 501 poin.

Balapan race ke dua kemarin berlangsung dalam kondisi jalan basah akibat hujan, namun demikian pembalap berkebangsaan Irlandia Utara, Jonatan Rea  berhasil meraih  finis pertama  setelah  mengungguli  Scott Redding (Ducati) diposisi kedua yang membayanginya hampir sepanjang balapan.

Hasil itu membuat Rea naik podium juara ditemani oleh Scott Redding dan juga Michael Van der Mark (BMW Motorrad WorldSBK Team). Sementara itu juara dunia WSBK 2021 dari Pata Yamaha, Toprak Razagatlioglu, gagal naik podium karena hanya mampu meraih finis di urutan keempat.

Bagi Rea, juara di race ke dua merupakan kemenangan kedua di Sirkuit Mandalika. Pasalnya pada race pertama, Jonatan Rea juga berhasil naik podium juara. Meski berhasil menjuarai dua race berturut-turut, sayangnya Jonatan Rea selaku juara bertahan tahun lalu harus menyerahkan gelar juaranya kepada Toprak Razagatlioglu karena kalah jumlah poin.

Untuk diketahui Balapan kedua WSBK Mandalika 2021 hanya berlangsung selama 12 putaran. Jumlah lap Race 2 WSBK Mandalika 2021 yang sebelumnya berlangsung 21 putaran terpaksa dikurangi  karena balapan sempat ditunda akibat kondisi jalan berair disebabkan hujan.

Race 2 WSBK Mandalika 2021 sebelumnya dijadwalkan dimulai pukul 14.00 WIB. Namun  tidak bisa bergulir sesuai jadwal dan ditunda hingga pukul 16.20 Wita. (fan)