Pengusaha Yakin Investasi akan Mengalir Deras

0
Hj. Baiq. Diah Ratu Ganefi, Agus Ariana (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kalangan pengusaha sumringah. Lombok sudah menjadi buah bibir dengan adanya Pertamina Mandalika Internasional Street Sircuit yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan balap motor kelas dunia seperti MotoGP. Lebih – lebih, Sirkuit Mandalika disebut-sebut sebagai sirkuit MotoGP paling menantang dan terindah di dunia.

Bahkan telah mencuri perhatian para pembalap kuda besi paling bergengsi di muka bumi ini. Perhelatan balap motor internasional akan dimulai dengan balap Asian Talen Cup (ATC), akan disusul World Superbike (WSBK) tanggal 19-21 November 2021 ini. Logistik para pembalap bahkan telah masuk langsung ke Lombok, dengan penerbangan langsung antar benua.

Salah satunya yang pertama masuk adalah logistik yang diangkut oleh pesawat cargo Boeing 777 Freighter milik maskapai Qatar Airways di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Senin malam, 8 November 2021 sekitar pukul 23.00 Wita setelah terbang belasan jam menuju Lombok. Disusul pesawat kargo lainnya. Presiden Joko Widodo juga telah meresmikan sirkuit kebanggan Indonesia yang ada di Lombok ini, Jumat , 12 November 2021

Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Provinsi NTB, I Made Agus Ariana mengatakan, kehadiran Sirkuit Mandalika menjadi sinyal sangat positif akan kemajuan NTB kedepannya. “Kita sudah mampu menunjukkan kepada dunia, terpilih sebagai tuan rumah MotoGP saja sudah luar biasa. Bisa mengungguli ratusan bahkan ribuan kota di dunia yang ingin melakukan hal yang sama,” katanya.

Mantan Petinggi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi NTB ini bahkan sangat meyakini, dengan sendirinya investasi akan mengalir deras masuk ke Lombok. Tinggal menurutnya, pengusaha lokal agar mengambil momentum agak tak kalah saing dengan investor-investor luar lainnya kemudian. “Disisi mana pengusaha-pengusaha kita bisa masuk, harus segera. Jangan sampai keduluan. Atau kita harus siap – siap bekerjasama dengan investor-investor luar,” ujarnya.

Agus Ariana juga menyebut, usai WSBK ini, harapannya seluruh stakeholders bisa dikumpulkan. Untuk merumuskan apa – apa yang harus dilakukan oleh pengusaha lokal agar keberadaan sirkuit Mandalika ini benar-benar memberikan manfaat besar kepada seluruh stakeholders. “Kita samakan persepsi. Bila perlu pemerintah buat payung hukum yang mengharuskan ada kerjasama antara investor luar dengan pengusaha lokal ketika mereka ingin berinvestasi. Saya sendiri merasa sangat bahagia, Lombok bisa seperti ini. sudah luar biasa,” ujarnya.

Apalagi dengan mendaratnya pesawat-pesawat berbadan lebar di Bandara Internasional Lombok menurutnya dapat menguatkan, bandara kebanggaan NTB ini tidak lagi terlihat “banci”. Dan tidak ada keraguan bagi pesawat dari manapun masuk membawa penumpang ke Lombok. Sementara itu, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTB, Hj. Baiq. Diyah Ratu Ganefi juga menyambut luar biasa atas kemajuan Lombok, NTB.

Ia tidak memungkiri, Sirkuit Mandalika membangkitkan semangat luar biasa para pengusaha. Sejak Sirkuit Mandalika menjadi buah bibir, terasa adanya geliat dunia usaha, meskipun ditengah pandemi Covid-19. Menurut pengusaha fashion ini, salah satu dampak yang sangat dirasakannya adalah banyaknya pesanan yang masuk untuk pembuatan fashion berbahan dasar kain tenun lokal.

“Pesanan pakaian jadi dengan tenun lokal banyak sekali masuk akhir-akhir ini. Pesanan-pesanan ini berdampak juga bagi para penenun lokal. Usaha-usaha lainnya juga sudah mulai kelihatan menggeliat, meskipun menuju pemulihan normal di tengah pandemi,” imbuhnya. Mantan Anggota DPD RI dan Ketua Perhimpunan Perempuan Pengusaha Mutiara ini ini juga menekankan, pengusaha lokal harus mempersiapkan diri.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah memetakan kebutuhan dan standar pasar luar negeri. “Karena orang luar negeri otomatis akan datang dengan mudah dengan adanya penerbangan langsung. Dan sirkuit Mandalika ini menjadi magnet, kita harus siap siap apa saja yang dibutuhkan mereka dan standar kebutuhan mereka harus  kita fahami,” ujarnya. Karena itu, ia sangat optimis akan masa depan NTB. (bul)