NTB Siapkan 356 Nakes Kawal IATC dan WSBK Mandalika

0
Direktur RSUD NTB, dr. H. Lalu Herman Mahaputra memaparkan kesiapan RSUD NTB menyukseskan event IATC dan WSBK Mandalika, Selasa, 9 November 2021. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) -Jelang perhelatan IATC dan WSBK 2021, Pemerintah Provinsi NTB telah mempersiapkan 356 tenaga kesehatan (nakes) yang akan turun langsung dalam penanganan kesehatan selama event berlangsung. Tenaga kesehatan dimaksud terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat dan penunjang lainnya.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB selaku leading sektor penanganan kesehatan ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan. Direktur RSUD NTB, dr. H. Lalu Herman Mahaputra mengatakan bahwa persiapan penanganan kesehatan di Provinsi NTB sudah siap 100 persen.
“Kami dari RSUD Provinsi siap 100 persen dari tenaga kesehatan, fasilitas dan berbagai penunjang lainnya,” tutur Dokter Jack, panggilan akrab Direktur RSUD NTB ini saat memberikan pemaparan kesiapan RSUD NTB menyukseskan IATC dan WSBK, Selasa, 9 November 2021.

Dokter Jack mengatakan bahwa nakes yang telah disiapkan, beripa dokter spesialis. Tidak hanya berasal dari Provinsi NTB saja, namun dari berbagai daerah diperuntukkan untuk event tersebut.
“Tenaga kesehatan yang digunakan tidak hanya berasal dari RSUD Provinsi saja, tetapi seluruh tenaga Kesehatan di seluruh NTB, bahkan banyak dokter spesialis yang didatangkan dari luar NTB untuk membantu dalam perhelatan event IATC dan WSBK yang akan diselenggarakan bulan ini,” jelas Dokter Jack.

Lokasi penempatan nakes dibagi dalam tiga ring. Yaitu ring 1 yang berada didalam sirkuit terdiri dari medical center, 13 ground post, 8 ambulans advance, 2 unit helikopter untuk evakuasi medis, tenaga kesehatan, terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, penunjang lainnya yang telah dilengkapi alat kesehatan sesuai standar FIM termasuk alat X-Ray dan USG.
Kemudian Ring 2 atau di area penonton, terdiri dari tenda medis, mini klinik, tenda isolasi, ambulans advance, ambulans transporter, tenaga kesehatan , terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, penunjang lainnya.

Dan Ring 3 atau area sekitarnya, terdiri dari beberapa stakeholder tarkait. Yaitu PCC yang berlokasi di RSUD NTB, PCC se – Pulau Lombok, Puskesmas dan Klinik sekitar, Rumah Sakit Mandalika, RSUD Praya, RSUD Kota Mataram, RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat dan RSUD NTB sebagai rujukan tertinggi. (*)