SPS – BSI Kolaborasi Bangun Kekuatan Ekosistem Digital Berbasis Masjid dari Lombok

0
Kiri (baju putih) ke kanan Ustad Maarif Abdul Majid, M.Ag, (Wakil Ketua BAZNAS), Umar Singgih Hari Wibowo (Kepala Cabang BSI KCP Praya Sudirman 1), Rama Yurindra (Direktur Utama PT SPS), Apri Hari Matgiarso (Perwakilan Bank Syariah Indonesia), Lendek Jayadi (Ketua DMI Lombok Tengah). (suarantb.com/ist)

Praya (suarantb.com)-PT Sarana Pembayaran Syariah (PT.SPS) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (PT. BSI) menjalin kerja sama membangun ekosistem ekonomi digital berbasis Masjid. Kerja sama ditandai dengan ditandatanganinya MoU antara Rama Yurindra selaku Direktur Utama PT. SPS dan Wijayanto selaku Group Head Digital Business & Islamic Ecosystem BSI di Praya, Lombok Tengah, Jumat, 5 November 2021.
Kerja sama ini sekaligus dirangkai dengan sosialisasi dan pelatihan aplikasi digital masjid kepada 50 Takmir (pengurus) Masjid di Lombok Tengah. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Lombok Tengah, Lendek Jayadi, serta TGH Ma’arif Makmun Diranse selaku Ketua Baznas Lombok Tengah juga turut hadir memberikan dukungan kegiatan ini.

Harapannya setelah dilakukan kerjasama antara perbankan syariah dan fintech syariah ini, ke depannya Ekosistem Ekonomi Digital berbasis Masjid bisa semakin berkembang dan menjadikan para pengurus dan jamaah Masjid bisa merasakan manfaat dari melakukan pengelolaan manajemen dan keuangan Masjid yang lebih transparan.
Umar Singgih Hari Wibowo, Kepala Cabang BSI KCP Praya Sudirman 1 juga turut hadir dalam acara penandatangan kerja sama ini. Harapannya, dari kerja sama ini, pemberdayaan ekonomi umat bisa dimulai dan dilaksanakan dari masjid terutama setelah proses digitalisasi masjid ini berhasil dilakukan bersama dengan PT SPS, tidak hanya di Lombok Tengah saja namun proses digitalisasi masjid ini bisa sampai ke seluruh Indonesia.

Diketahui PT. SPS telah melahirkan aplikasi digital yaitu “Hijrah Masjid” dan “Hijrah Nuswantara” di Google Play Store 1 Ramadhan 1442 Hijriah (13 April 2021). Aplikasi Hijrah Masjid ini bertujuan membantu Takmir dalam mengatur manajemen operasional dan keuangan masjid di era digital. Sementara aplikasi Hijrah Nuswantara memberikan kemudahan kepada jama’ah untuk melakukan Zakat, Infaq dan Sedekah langsung ke Masjid.

Upaya lainnya adalah peluncuran aplikasi “Hijrah Loket” yang merupakan produk layanan keuangan syariah berbasis masjid yang bertujuan mengembangkan potensi masjid dan menjadikan masjid sebagai pusat ekosistem ekonomi syariah.
Direktur Utama PT SPS Rama Yurindra menegaskan, perusahaan berkomitmen bermitra dengan BSI dalam memberikan solusi untuk membantu masjid melakukan pengelolaan secara digital. Salah satunya adalah layanan untuk pengelolaan manajemen masjid, dan membantu mewujudkan transaksi cashless di lingkungan masjid melalui layanan virtual account yang terintegrasi dengan BSI.

PT. SPS didirikan pada tahun 2018 di Kota Jakarta yang saat ini memiliki produk Aplikasi bernama Hijrah Nuswantara, Hijrah Masjid dan Hijrah Loket, adalah perusahaan yang fokus di bidang teknologi finansial (Financial Technology) sebagai penunjang kebutuhan transaksi digital masyarakat berbasis syariah.(bul)