BNI Mataram Berikan Dua Unit Traktor untuk Kelompok Tani Sembalun

0
Pemimpin BNI Mataram, I.G.A Ratih Martini menyerahkan bantuan traktor kepada kelompok tani Sembalun, didampingi Camat Sembalun. (Suara NTB/bul)

Selong (Suara NTB)-PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk konsisten memberikan perhatian khusus kepada petani di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Selain kemudahan akses keuangan, bank milik Pemerintah Republik Indonesia ini juga membantu penyediaan kebutuhan pendukung lainnya bagi petani setempat.

Para petani Sembalun bergembira mendapatkan fasilitas KUR dari BNI Mataram. (Suara NTB/bul)

Sembalun seperti diketahui memiliki potensi cukup besar, keindahan dan keramahtamahan warganya. Bahkan sudah diakui oleh dunia. Siapapun yang berkunjung ke Gunung Rinjani, sudah pasti merasakan hangatnya tegur sapa warga Sembalun. Di sisi lain, warga Sembalun juga mempunyai potensi penghasil komoditas pertanian unggulan, salah satunya bawang.
Sejak tahun 2018, keberadaan BNI di sembalun memberikan makna tersendiri bagi masyarakat Sembalun. Banyak hal yang sudah BNI kolaborasikan dengan masyarakat Sembalun. Dari merintis pembiayaan kepada petani melalui KUR Tani bagi petani bawang dan komoditas hortikultura lainnya.

Korporasi dan petani juga merasakan dampak gempa, ditambah lagi dampak COVID-19. Sembalun yang sebelumnya ramai dengan wisatawan berkunjung, belakangan karena pandemi Cobid-19, jumlah kunjungan menjadi menurun drastis. Sehingga memberikan efek domino bagi semua lini kegiatan dan aktivitas bisnis dan usaha masyarakat sembalun, kata Pak Nas, salah seorang masyarakat Sembalun.
Melihat kondisi tersebut, BNI Cabang Mataram di bawah supervisi I.G.A Ratih Martini menginstruksikan membantu menfasilitasi salah satu kebutuhan petani yang selaras dengan misi BNI yang ke-5, yaitu “meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan dan masyarakat”. Implementasinya dengan diturunkannya bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), berupa dua unit handtraktor kepada kelompok tani setempat.

Ratih, sapaan Pemimpin BNI Mataram ini menyampaikan, tujuan diberikannya bantuan hand tractor adalah upaya BNI membantu meringankan beban petani yang sebelumnya jika mengelola tanah sawah harus menyewa traktor.
“Maka dengan bantuan traktor ini nantinya, cukup berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Tani untuk penggunaannya. Beban biaya untuk maintenance yang besaranya di tentukan bersama. Sehingga, hand tractor yang menjadi aset bersama ini bisa awet dan memberikan manfaat yang maksimal bagi petani di Sembalun,” kata Ratih saat penyerahan hand tractor di Sembalun, Selasa, 2 November 2021.

Sementara itu, Mertani, S.Pd., Camat Sembalun turut menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan dukungan BNI selama ini. Di mana saat ini sudah ada 1.889 petani yang menjalin kerjasama dengan BNI Mataram, meskipun terdampak Cobid-19.
Masyarakat Sembalun menurutnya masih survive dengan keseharian sebagai petani yang bercocok tanam di sawah, ladang maupun di perkebunannya.

Pada kegiatan penutup, Ratih juga mengingatkan dimasa pandemi saat ini, nasabah BNI disarankan mengoptimalkan penggunaan layanan e-channel BNI. Salah satunya Mobile Banking BNI. Transaksi keuangan tetap dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja dengan aman. Apabila membutuhkan bantuan terkait layanan, BNI Call juga siap membantu nasabah selama 24 jam di nomor 1500046.(bul)