Rohani Jadi Atlet Putri Pertama NTB yang Raih Medali di Lompat Jauh

0
Rohani. (Suara NTB/ist)

Mimika (Suara NTB) – Atlet atletik NTB, Rohani menjadi atlet putri pertama NTB yang berhasil meraih medali perak di nomor lompat jauh PON XX 2021. Sebelumnya NTB belum pernah meraih medali  di nomor tersebut.

Atlet asal Kabupaten Dompu itu mencatat lompatan sejauh 5,79 meter saat meraih medali perak di babak final lompat jauh putri yang berlangsung di Lapangan Atletik, Timika, Papua, Selasa, 5 Oktober 2021. Sementara medali emas di raih atlet asal Bali, Maria Natalia Londa dengan lompatan 6,26 meter, dan medali perunggu di raih Vinsensia Awutet Amjaran asal Papua 5,72 meter.

“Rohani meraih medali perak dengan lompatan sejauh 5,79 meter, sementara medali emas diraih atlet asal Bali, Maria Natalia Londa dan medali perunggu diraih atlet tuan rumah Papua,” ucap Pelatih Atlet NTB, Arya Yuniawan kepada Suara NTB, Selasa, 5 Oktober 2021.

Arya menjelaskan  lompatan 5, 79 meter yang dicatat Rohani usai menyelesaikan  lompatan kedua. Pasalnya di lompatan pertama Rohani mencatat 5,17 meter. Masing-masing atlet diberi kesempatan melompat sebanyak enam kali. Atlet NTB Rohani melompat sebanyak lima kali, namun dari lima kali lompatan itu diambil lompatan terjauh.

Hasil lompatan sejauh 5,79 meter tersebut membuat Rohani harus puas dengan medali perak. Meski meraih medali perak, namun prestasi tersebut sangat luar biasa. Pasalnya Rohani telah membuat sejarah baru dengan menjadi atlet lompat jauh putri pertama NTB yang sukses meraih medali perak di PON. Sebelumnya atlet putri NTB belum pernah meraih medali di nomor tersebut pada PON-PON sebelumnya.

Perolehan medali perak dari Rohani tersebut menambah pundi-pundi medali NTB di PON XX di Papua 2021. Hingga kemarin NTB sudah mengoleksi satu medali emas, satu perak dan satu perunggu.

Hingga berita ini  Rohani masih akan tampil di nomor 100 meter gawang putri, selain itu masih berlangsung pertandingan di final lompat jauh putra. Di nomor lompat jauh NTB diwakili Sapwaturrahman peraih medali emas SEA Games 2019. (fan)

Tiitle Ads