Pembobolan Dana Nasabah Bank NTB Syariah, Audit Eksternal Belum Selesai

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB meminta audit dari pihak eksternal terkait dugaan pembobolan dana nasabah Bank NTB Syariah. Sekurangnya 440 rekening nasabah bank milik daerah ini dibobol dengan modus pindah rekening pribadi orang dalam. Dalam laporan awal, besaran kerugiannya mencapai Rp11,9 miliar.

“Sedang disusun materi untuk auditnya. Bahannya itu nanti dipakai mereka untuk menghitung kerugiannya berapa,” ucap Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana dikonfirmasi akhir pekan lalu.

Audit eksternal ini, sambung dia, nantinya menjadi tambahan alat bukti untuk menjerat tersangka dugaan tindak pidana perbankan ini. Laporan awal kerugiannya Rp11,9 miliar. Tidak menutup kemungkinan kerugian bisa bertambah karena audit dilakukan berdasarkan bukti-bukti hasil penyidikan.

Kasus ini sudah ditangani dalam tahap penyidikan. Meski demikian, penyidik Subdit II Perbankan Ditreskrimsus Polda NTB belum menetapkan tersangkanya.

“Kalau terlapornya mengaku sakit. Kesehatannya nanti kita periksa. Biar nanti dokter yang menjelaskan status kesehatannya. Dokternya nantu dari kita yang tunjuk. Dia (terlapor) tetap akan diperiksa,” kata Eka.

Dalam kasus ini, ditemukan transaksi perbankan nasabah dialihkan ke rekening pribadi. Modus ini dipakai selama delapan tahun. Sejak tahun 2012 sampai 2020.

Pembobolan ini dilakukan dengan mengalihkan transaksi nasabah ke tiga rekening pribadi yang dijadikan penampung. Transaksi yang dibobol ini antara lain transfer antarrekening serta setor tunai.

Transaksi itu baru akan diproses setelah nasabah komplain. Tindaklanjut komplain ini dengan mengambilkan dana dari transaksi nasabah lain.

Penyelia pelayanan nontunai berinisial PS diadukan sebagai terlapor. Polda NTB juga sedang mengembangkan keterlibatan orang lain. Terlapor PS merupakan penyelia yang membawahi pegawai.

Sebanyak 18 saksi sudah dimintai keterangannya di tahap penyelidikan. Saksi-saksi ini akan dipanggil lagi untuk diperiksa di tahap penyidikan. Hasil sementara, ditemukan pembobolan transaksi dari 440 nasabah sepanjang delapan tahun. (why)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform...

0
Yogyakarta (suarantb.com) – Dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem UMKM Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menginisiasi kerja sama Layanan Digital...

Latest Posts

Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform AYO SRC

Yogyakarta (suarantb.com) – Dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem...

80 Mahasiswa Pertukaran Dalam Negeri Belajar di Unisma

Malang (suarantb.com) Universitas Islam Malang menyambut sebanyak 80 mahasiswa...

Bulog Gelontorkan 650 Ribu Ton Beras untuk Operasi Pasar

Jakarta (suarantb.com)–Guna menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya...

Investasi Semakin Mudah, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

Jakarta (suarantb.com)– Aplikasi Super Apps Digital Banking BRImo milik...

Bupati Dompu Minta Pelaksanaan MTQ Dievaluasi

Dompu (Suara NTB) - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani...