Realisasi PAD di Pelabuhan Kempo Capai Rp368 Juta hingga Agustus 2021

Dompu (Suara NTB) – Pelabuhan Kempo termasuk penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Hingga Agustus 2021, realisasi PAD dari jasa pelabuhan Kempo mencapai Rp368 juta. Pada 2020 lalu, pelabuhan Kempo menyumbang hingga Rp414 juta ke kas daerah sebagai PAD.

Kepala Pelabuhan Soro Kempo, Anshar, SH kepada Suara NTB, Jumat, 1 Oktober 2021 mengungkapkan, pemanfaatan pelabuhan Soro Kempo sangat dipengaruhi oleh ketersediaan jagung. Karena tiga pengusaha dan pemilik gudang jagung Dompu rata – rata memanfaatkan pelabuhan Soro Kempo untuk pengiriman jagungnya. “Kecuali, pengiriman untuk jagung di atas 3 ribu ton, mereka akan memanfaatkan pelabuhan Bima atau Sumbawa,” katanya.

PAD dari pelabuhan Soro Kempo, kata Anshar, dipengaruhi oleh siklus produksi jagung. April – Agustus menjadi puncak panen raya jagung, sehingga banyak kapal bersandar untuk muat jagung. Kalaupun ada sesudah atau sebelum itu, tidak banyak kapal yang akan bersandar.

Anshar juga mengaku, keterbatasan fasilitas pendukung di pelabuhan Soro Kempo membuat angkutan barang lainnya juga tidak bisa dilakukan. Seperti untuk semen yang mengharuskan ada gudang singgah di sekitar pelabuhan. “Kalau ada gudang singgahnya, semen tiga roda dan tonasa akan tetap menggunakan pelabuhan Soro,” terangnya.

Terkait rencana dukungan Kementrian Perhubungan RI untuk menyiapkan fasilitas pendukung pelabuhan Soro Kempo, Anshar mengaku, pada 2022 mendatang akan disiapkan anggaran sekitar Rp7 M. Alokasi ini direncanakan untuk fasilitas pendukung seperti pengaspalan tempat parkir, penerangan pelabuhan, air bersih dan lainya. “Kalau untuk penyiapan alat bongkar muat, belum ada,” katanya. (ula)

perbakin



Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform...

0
Yogyakarta (suarantb.com) – Dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem UMKM Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menginisiasi kerja sama Layanan Digital...

Latest Posts

Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform AYO SRC

Yogyakarta (suarantb.com) – Dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem...

80 Mahasiswa Pertukaran Dalam Negeri Belajar di Unisma

Malang (suarantb.com) Universitas Islam Malang menyambut sebanyak 80 mahasiswa...

Bulog Gelontorkan 650 Ribu Ton Beras untuk Operasi Pasar

Jakarta (suarantb.com)–Guna menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya...

Investasi Semakin Mudah, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

Jakarta (suarantb.com)– Aplikasi Super Apps Digital Banking BRImo milik...

Bupati Dompu Minta Pelaksanaan MTQ Dievaluasi

Dompu (Suara NTB) - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani...