Event Skala Besar Harus dengan Prokes Ketat

0

Mataram (Suara NTB) – Pemkota Mataram memberikan angin segar bagi pengusaha untuk menggelar pertunjukan atau event yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Hal ini menyusul pelonggaran  yang diberikan oleh pemerintah pusat. Kendati demikian, protokol kesehatan (prokes) harus dijalankan secara ketat, agar tidak memunculkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mataram, Drs. I Nyoman Suwandiasa menjelaskan, semenjak ditetapkan Kota Mataram status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level II oleh pemerintah pusat pekan kemarin, kemungkinan adanya peluang penambahan aktivitas dari kuantitas 50 persen menjadi 75 persen. Tetapi kembali kebijakan itu tergantung dari kepala daerah. Sebab, pihaknya sudah mendapatkan petunjuk bahwa pembelajaran tatap muka di sekolah tetap memakai prokes PPKM level III. “Kegiatan yang melibatkan dalam jumlah banyak masih ada pembatasan. Termasuk kegiatan olahraga dan lain sebagainya,” kata Nyoman ditemui pada Selasa, 28 September 2021.

Kebijakan pelonggaran aktivitas kata Nyoman, jangan sampai masyarakat abai. Euphoria tidak boleh berlebihan karena pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Adapun kebijakan pemerintah pusat memberikan izin menggelar event yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Pengusaha event organizer (EO) di Mataram dipersilakan. Tetapi diingatkan pengusaha harus menjamin prokes dijalani secara ketat. “Pihak ketiga dipersilakan menggelar kegiatan seni dan olahraga. Yang penting memakain standar prokes secara ketat,” katanya mengingatkan.

Satgas Covid-19 tidak menginginkan kelalaian menjalankan prokes justru memicu munculnya klaster baru penyebaran virus corona. Walikota sebut Nyoman yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika berulangkali mengingatkan pandemi belum berakhir dan berpeluang bisa terjadi lonjakan apabila masyarakat tidak mempedomani aturan prokes ditetapkan pemerintah. “Pak Wali pasti memberikan rekomendasi itu asalkan pengusaha mempedomani prokes,” ujarnya.

Pada PPKM level II ini, bioskop juga mulai buka. Namun untuk event yang digelar oleh Pemkot Mataram dalam waktu dekat ini belum diketahui secara pasti. (cem)