Meski Rehab Sekolah, Kepsek Harus Laksanakan PTM Terbatas

Mataram (Suara NTB) –  Puluhan satuan pendidikan jenjang SD dan SMP mendapat dana bantuan rehabilitasi ruang kelas dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Pengerjaannya bersamaan dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas yang saat ini tengah dilaksanakan. Dinas Pendidikan Kota Mataram meminta kepala sekolah tetap mengatur adanya PTM terbatas selama rehabilitas gedung sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, M.Pd., pada Jumat, 17 September 2021 mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada sekolah agar mengatur PTM terbatas walau sekolah sedang masa renovasi gedung. Ia meminta setidaknya dalam satu minggu, siswa bisa mengikuti PTM terbatas paling minim satu kali. “Agar jangan sampai anak-anak betul-betul libur, jangan sampai anak itu selalu daring, itu akan membosankan,” ujarnya.

Menurutnya, ada sekitar 30 sekolah saat ini yang sedang melaksanakan kegiatan rehabilitasi gedung sekolah. Selama berlangsungnya kegiatan tersebut, kepala sekolah diminta kreatif mencari solusi, jangan sampai mengganggu pelaksanaan PTM terbatas di sekolah.

Fatwir mengatakan, ada beberapa kepala sekolah yang menyampaikan gagasannya ke Disdik Mataram untuk meminjam ruang kelas di sekolah lain. Sekolah juga menyampaikan ingin meminjamkan aula atau ruang pertemuan kantor kelurahan, atau bale banjar yang biasa difungsikan oleh masyarakat, sebagai tempat untuk berkumpul dan bermusyawarah.

Di sisi lain, apabila memungkinkan, kepala sekolah bisa kembali menerapkan sistem sif dan blok seperti yang dilakukan saat simulasi PTM terbatas awal tahun ini. “Apapun solusi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menyiasati pelaksanaan PTM terbatas ini, wajib meminta pendapat sekaligus persetujuan guru dan orang tua siswa,” jelasnya.

Karena itu, kepala sekolah juga perlu memperkuat koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah lingkungan dan masyarakat setempat, sehingga PTM terbatas, terarah dan terukur bisa terlaksana dengan baik.

Ia menekankan, Disdik Mataram tetap melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PTM terbatas. Jika ada kendala di lapangan, ia meminta kepala sekolah menyampaikan semuanya ke dinas. (ron)




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

Inilah Model Baju Koko Terbaru Tahun 2022

Model baju koko terbaru selalu muncul hampir di setiap...

Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Harus Terintegrasi dalam Dokumen Perencanaan

Mataram (Suara NTB)-Kementerian BPN/Bappenas terus mendorong pemerintah daerah di...

Jadi Tuan Rumah Berbagai Event Internasional, Bukti Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB

Mataram (suarantb.com)—Terselenggaranya berbagai event internasional di NTB menjadi salah...

Gali Pesan yang Tersirat dan Tersurat Lewat Pameran Wastra

Mataram (Suara NTB) – Pameran wastra NTB resmi dibuka...